Divonis Tak Bersalah, Adhan Siap Polisikan Rusli Habibie

RGOL.ID, GORONTALO – Majelis Hakim yang dipimpin Hascaryo, SH., MH, didampingi dua anggota masing-masing, Muh. Fahmi Hary Nugroho, SH., M.Hum, dan Irwanto, SH., MH memutuskan anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Adhan Dambea tidak bersalah dalam kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan mantan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

“mengadili, menyatakan terdakwa Adhan Dambea tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan sebagaimana yang didakwakan kombinasi kumulatif oleh JPU,” ujar Majelis Hakim, Hascaryo, saat membacakan putusan.

Menanggapi putusan hakim yang menyatakan dirinya tidak bersalah atas laporan Rusli Habibie, Adhan Dambea langsung mengambil langkah cepat dengan mengumpulkan tim hukumnya untuk mengkaji putusan tersebut, sekaligus meminta pertimbangan hukum.

“karena putusan hakim menyatakan saya tidak bersalah, maka sudah jelas laporan Rusli itu sudah mencemarkan nama baik saya, sehingga itu, setelah saya dan tim hukum melakukan kajian, insyaAllah dalam waktu dekat ini saya akan laporkan balik (polisikan) Rusli Habibie dengan materi pencemaran nama baik,” tegas Adhan.

Sebagaimana diketahui, kasus pencemaran nama baik terhadap mantan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie ini berawal pada pernyataan anggota DPRD Provinsi Gorontalo Adhan Dambea di salah satu media daring yang menduga sejumlah Rp53 miliar APBD Provinsi Gorontalo raib. Bahkan mantan Walikota Gorontalo ini menduga ada indikasi korupsi yang dilakukan mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini, sebagaimana laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang tertuang dalam catatan Majalah Tempo edisi 9 Januari 2021.

Bahkan terkait dugaan kasus korupsi itu, Adhan terlebih dahulu melaporkan Rusli Habibie kepada aparat penegak hukum, namun sampai sekarang, laporan Adhan itu belum ada kabar sejauh mana prosesnya.

Nah, atas laporan Adhan itu, Rusli kemudian melaporkan Adhan dan akhirnya setelah melalui proses persidangan, majelis hakim menjatuhkan vonis yang menyatakan Adhan Dambea tidak bersalah. (awl)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar