oleh

Dorong kemakmuran rakyat, NasDem Kabgor bentuk Koperasi Restorasi

-Ekonomi, Gorontalo-135 Pengunjung
Kaka Rustam Akilie usai memimpin rapat KSU di Kabupaten Gorontalo melakukan foto bersama para pimpinan dan pengurus terpilih berlangsung Minggu, (23/6)

RGOL.com – Usaha koperasi adalah salah satu ujung tombak perekonomian.

Sehingga bisa menjamin kemudahan pelaku UMKM dalam mendapatkan bantuan modal untuk mengembangkan usahanya.

Salah satu permasalahan klasiknya adalah ketidak mampuan pengusaha UMKM dalam memenuhi persyaratan perbankan.

Ini menjadi salah satu hal yang diperjuangkan DPD NasDem Kabupaten Gorontalo untuk kesejahteraan masyarakat melalui koperasi restorasi yang pembentukkannya dilakukan, Minggu (23/6) yang di pimpin ketua DPD NasDem Kabgor Rustam Akili.

Koperasi ini lahir sejak tahun 1947 di Purwakarta yang disemangati beberapa tokoh yang melihat perekonomian kita pada saat itu sangat memprihatinkan, sehingga mereka bersepakat mendirikan perkumpulan yang disebut Koperasi.

Bahkan Koperasi itu adalah organisasi yang berhimpun didalamnya orang-orang yang tujuannya sederhana.

ingin meningkatkan taraf hidup atau kesejahteran yang lebih baik dan juga menopang ekonomi Indonesia pada saat itu, kata Rustam Akilie pada Rapat Pembentukan Koperasi Serba Usaha (KSU) Restorasi.

Sehingga itu mantan Ketua Deprov ini menegaskan bahwa Koperasi di provinsi Gorontalo itu sudah banyak dan berbagai jenis, ada koperasi simpan pinjam dan berbagai tipe dan juga berbagai persoalan.

Nah, partai NasDem Kabupaten Gorontalo setelah mendapat kepercayaan dari masyarakat provinsi Gorontalo yang Alhamdulillah kita telah mengantarkan Kaka Rachmad Gobel sebagai pemenang suara terbanyak di DPR RI.

walaupun tidak diikuti secara linear ke Kabupaten/Kota, tetapi ini merupakan satu tanggungjawab kita bersama. Lebih lanjut Kata Rustam menguraikan pertama, Kata Rachmad Gobel disetiap kampanyenya itu selalu mengatakan.

bahwa Insya Allah kalau caleg-caleg NasDem mendapat amanah maka akan bekerja keras berusaha bagaiamana provinsi Gorontalo yang 5 termiskin di Indonesia menjadi 5 termakmur di Indonesia.

Tentu ini harus ada arah dan wadah untuk memplementasikan itu. Dan Kaka Rachmad Gobel dalam 5 program unggulannya ada yang menarik, yaitu mengawal dan memperjuangkan keluarga harapan menyalurkan bantuan modal dan Kur untuk UMKM.

“Jadi ini merupakan Implementasi Koperasi sampai lahir. Tetapi koperasi ini bukan hanya ditunjukan kepada kader dan simpatisan partai NasDem, akan tetapi koperasi ini lahir untuk rakyat Gorontalo dantentuini juga harus ada syarat-syaratnya.

Kenapa kita pilih namanya koperasi Restorasi? karena ini merubah wajah koperasi perubahan.

“Jujur kami tidak ingin menjastifikasi koperasi lama itu jelek, itu tidak.

Sehingga dengan hadirnya koperasi Restorasi pengelolaannya transparan, akuntabilitas dan ada syariahnya disitu.

“Jadi koperasi ini milik kita bersama dan sistim bagi hasil,” jelasnya.

Ketika ditanya apakah Koperasi Serba Usaha KSU baru mulai diterapkan di Gorontalo?

menurut Rustam bahwa Koperasi ini sudah jalan, seperti di Kota sudah terbentuk kepengurusannya.

Sehingga itu dengan terbentuknya KSU Kabupaten Gorontalo kami sudah bersepakat, punya visi program dan tujuan yang sama.

Dan ini sesuai Undang-undang nomor 25 Tahun 2009 itu sudah harus berbadan hukum.

“Jadi tadi kita sudah sepakat telah mempercayakan Rivon UI SE, sebagai Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Kabupaten Gorontalo,” tegas Rustam.

Untuk Koperasi Restorasi ini tidak ada sistim bunga, akan tetapi ini adalah sistim Syariaf bagi hasil.

Bahkan Koperasi ini jenis usahanya berbeda-beda, ada jenis usaha produksi, konsumen, jasa, kredit dan lain-lain.

Semuanya tergantung kemampuan kita dan ini harus benar-benar membantu rakyat, jangan koperasi ini melakukan praktek-praktek menyusahkan rakyat.

“Jadi saya percaya kepada teman-teman yang mendapat kepercayaan ini, disamping kita harus ada modal, managemennya harus transparan.

Dan tidak boleh koperasi ini didirikan yang kemudian menyusahkan anggota.

Dengan Koperasi ini harus kita urus bersama, sehingga itulah dinamakan Restorasi, Dan terakhir saya sampaikan mengenai pembentukan koperasi ini

tidak ada hubungannya dengan politik,” pungkasnya. (Youdi)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.