oleh

DPP Bonebol Salurkan 3,875 Ton Benih Padi Untuk Petani Bultim

-Bone Bolango-193 Pengunjung

RGOL.ID (Gorontalo) – Memasuki musim tanam Oktober 2019 – Maret 2020, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango (DPP Bonebol) melalui menyalurkan bantuan benih padi kepada petani di Kecamatan Bulango Timur (Bultim).

Kepala DPP Bonebol Roswaty Agus melalui Kepala Bidang Tanaman Pandangan dan Hortikultura Rosna Dewi Rayusyam mengatakan bahwa semua petani padi sawah di Kabupaten Bone Bolango mendapatkan bantuan benih dengan sumber pembiayaan dari APBD II tahun 2019.

“Khusus Kecamatan Bulango Timur, jumlah bantuan benih adalah 3.875 Kg (3,875 ton) untuk luas lahan sawah 155 hektar. Saat ini bantuan benih padi tersebut ada di sekretariat kelompok tani,”kata Rosna usai mendistribusikan bantuan benih padi ke tingkat kelompok tani di Kecamatan Bulango Timur, Rabu (16/10).

Penyuluh Desa Bulotalangi Barat Suwandi Said menyampaikan bahwa untuk menghadapi jadwal penghamburan dan tanam padi yang telah disepakati yaitu mulai 15 sampai dengan 30 Oktober 2019.

“Untuk progres percepatan luas tambah tanam padi tingkat Kecamatan Bulango Timur, maka bantuan benih harus segera disalurkan ke tingkat petani,”ujarnya. Untuk itu, maka dilakukan pertemuan penyaluran bantuan benih padi tersebut di tingkat kelompok tani.

Kegiatan penyaluran bantuan benih padi di mulai di kelompok tani Tekad Makmur 1 Desa Bulotalangi Barat, Rabu (16/10). Dalam arahannya Suwandi menyampaikan bahwa varitas padi yang disalurkan adalah varitas baru.” Musim tanam ini, kita mendapatkan varitas Mira.

Olehnya kita harus berani mencoba untuk melakukan pergiliran jenis varitas padi. Gunanya untuk memutus siklus OPT yang ada dimusim tanam sebelumnya,”jelasnya.

Arpan Daun yang merupakan Ketua Kelompok Tani Tekad Makmur 1 Desa Bulotalangi Barat juga sependapat dengan hal pergiliran jenis varitas padi.”Untuk meminimalisir serangan OPT seperti musim tanam lalu, maka kita akan coba secara bersama-sama varitas mira ini.

“tutur Arpan sambil memotivasi anggota kelompoknya. Sementara itu, berdasarkan hasil kesepakatan bersama, maka tanggal 21 Oktober 2019 kelompok tani Tekad Makmur 1 akan melakukan penghamburan di titik semai kelompoknya. (wal-46)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.