oleh

DPRD Gorut Minta DLH Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang

GORUT (RGOL.ID) – Peristiwa pohon tumbang di depan SMPN 1 Kwandang, tentu menjadi pembelajaran bagi semua pihak, terlebih Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk senantiasa memperhatikan kondisi pohon yang ditanam di sepanjang jalan di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).
Safrudin Bait

Oleh karena itu, Anggota Komisi II DPRD Gorut, Safrudin Bait meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di daerah itu melakukan pangkas pohon tua di sejumlah jalan.

Pasalnya, cuaca buruk, seperti angin kencang, berpotensi terjadinya pohon tumbang. Ia mengatakan, pembenahan pohon tua perlu dilakukan lantaran potensi kerusakan yang ditimbulkan bisa lebih besar dari pohon yang masih muda.
“Ada memang aturan itu kalau berpotensi tumbang dan merusak itu perlu dipersiapkan, apalagi ukuran pohon tua itu sudah besar,” kata Safrudin.
Safrudin mengatakan, agar berjalan efisien, hal ini perlu dipetakan. “Tapi kita minta kurangi saja rantingnya, karena pasti berpengaruh. Karena kalau rimbun pasti lebih mudah tumbang ditiup angin,” kata Aleg Fraksi PAN itu.
Hal ini harus secepatnya dibenahi, apalagi cuaca di Kabupaten Gorut, terutama di wilayah ibu kota di Kecamatan Kwandang akhir-akhir ini dalam kondisi tidak baik. (RG-56)

Jangan Lewatkan

Komentar