RGOL.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo mendorong pemanfaatan dana desa di daerah itu dilakukan secara efektif.

DPRD dalam fungsi pengawasan, memiliki peran memastikan program pembangunan yang menggunakan dana desa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Yang pasti sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena pemanfaatan dana desa itu wajib dipertanggungjawabkan dari setiap program kegiatan yang dilaksanakan,” tutur Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T Ase.

Dan tentu koordinasi semua pihak dalam pemanfaatan dana desa menjadi satu hal yang perlu dilakukan.

“Koordinasi harus terbangun baik dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten dan instansi terkait lainnya, termasuk kami di DPRD,” ujarnya.

Tentu lanjut politisi PPP itu, dalam perencanaan pelaksanaan program, setiap usulan dari desa dikonsultasikan dengan pihak terkait seperti BPMDes dan pihak kecamatan.

“Sehingga ketika ada program yang tidak sesuai ketentuan atau tidak masuk prioritas sebagaimana peraturan yang berlaku, tentu program yang diusulkan tidak bisa dilaksanakan. Makanya, penting koordinasi dan konsultasi dari setiap desa,” terangnya.

Yang pasti kata Syam, pihaknya berkomitmen mendukung pemanfaatan dana desa di Kabupaten Gorontalo dengan mengedepankan akuntabilitas. (RG-56)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.