oleh

Dr. Isman Jusuf Dilantik Menjadi Anggota Majelis Akreditasi BAN PT

GORONTALO (RAGORO) – Dosen Fakultas Kedokteran UNG Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf,Sp.S dilantik dan diambil sumpah sebagai anggota majelis akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Periode 2021-2026.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin oleh Sekjen Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI) Ibu Ir. Suharti, MA, Ph.D yang bertindak atas nama Mendikbud Ristek RI.

Ada 14 orang yang dilantik dan diambil sumpah terdiri atas 9 orang sebagai anggota Majelis Akreditasi BAN PT dan 5 orang sebagai anggota Dewan Eksekutif BAN PT.

Upacara dilaksanakan di gedung D lantai 2 Kemdikbud RI dan dihadiri oleh Plt.Dirjen Dikti, Sesdirjen dikti, para pimpinan Lembaga Akreditasi Mandiri serta para pimpinan asosiasi penyelenggara perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemdikbud Ristek, Ir. Suharti, MA, Ph.D mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik serta meminta agar majelis akreditasi dan dewan eksekutif dapat saling bersinergi dan berkolaborasi dalam menjamin akreditasi perguruan tinggi di Indonesia sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.

Sementara itu, Dr. Isman Jusuf melalui rilisnya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah yang diberikan kepadanya.

“Saya pun memohon doa restu dan dukungan dari seluruh pihak agar dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-sebaiknya,” ucapnya.

Menurut Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah Gorontalo ini, bahwa tugas yang diberikan ini tidaklah ringan. Pasalnya, menjadi seorang Majelis Akreditasi BAN-PT, tentu harus mampu dalam penetapan kebijakan Akreditasi, dan pengawasan pelaksanaan kebijakan Akreditasi tersebut.

“Insya Allah saya bisa memberikan yang terbaik demi kemajuan perguruan tinggi di Indonesia, terlebih di Timur Indonesia. Karena saya menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia Timur,” imbuhnya.

Akreditasi merupakan salah satu indikator penjaminan mutu yang telah dilakukan oleh sebuah perguruan mulai dari input, proses, output dan outcome.

Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo periode 2016-2020 ini juga menyampaikan bahwa tugas utama BAN PT adalah mewakili kepentingan pemerintah dan masyarakat untuk memastikan bahwa semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia baik negeri dan swasta telah melaksanakan standar-standar mutu yang ditetapkan pemerintah, termasuk mendorong perguruan tinggi untuk terakreditasi secara internasional.

“Untuk itu dibutuhkan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan agar tugas yang diamanahkan negara kepada BAN PT dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (RG-56)


Komentar