oleh

Dua Terdakwa Kasus Kredit Investasi di Bank SulutGo Divonis 6 Tahun Penjara

-Hukum & Kriminal-1.794 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID)—Pengadilan Tipikor Gorontalo menjatuhkan vonis 6 tahun penjara kepada dua terdakwa kasus pemberian kredit investasi di bank Sulut Gorontalo (Sulutgo). Moh Djamal Mooduto dan Suleman Musdjama. Sidang putusan yang berlangsung Rabu (15/12) kemarin berlangsung secara terpisah.

Putusan dengan terdakwa Moh. Djamal Mooduto dilaksanakan Rabu (15/12) sekitar pukul 15.30 wita. Sedangkan sidang putusan terdakwa Suleman Musdjama sekitar pukul 19.30 wita.

Putusan tersebut dibacakan langsung oleh Hakim ketua Dwi Hatmodjo SH. MH didampingi oleh dua hakim anggota Cecep Dudi Muklis Sabigin SH.MH dan Priyo Pujono SH.MH.

Dalam amar putusan tersebut. Ditegaskan Moh Djamal Mooduto terbukti secara sah dan meyakinka bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 2 ayat 2 (1) jo pasal 18 undang undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan undang undang nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan atas undang undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke 1, jo pasal 65 ayat (1) KUHP sebagaimana pada dakwaan primair.

Selain menjatuhkan vonis 6 tahun penjara. Terdakwa Moh Djamal Mooduto didenda sebesar Rp 500. Juta subsidair 6 bulan kurungan. Selain itu terdakwa juga diperintahkan uang penganti sebesar Rp 3.601.600.000 dalam waktu 1 bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap.

Jika tidak membayar uang penganti, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutup uang penganti. Dan apabila harta yang dilelang tidak mencukupi untuk membayar uang penganti, maka diganti pidana selama 4,tahun 5 bulan. Atas putusan tersebut, terdfakwa Moh Djamal Mooduto yang didampingi kuasa hukumnya Rockiyanto J Moningka SH menyatatakan banding atas putusan hakim tersebut.

SULEMAN MUSJAMA
Sementara itu terdakwa dalam kasus yang sama yakni Suleman Musjama dalam putusan tersebut dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 undang undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke 1, jo pasal 65 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan jaksa penuntut umum.

Terdakwa Suleman Musjama

Dan menjatuhkan pidana penjara selama 6 tahun dikurangi selama terdakwa dalam tahanan.

Sidang pembacaan putusan terdakwa Suleman dilaksanakan Rabu (15/12) sekitar pukul 19.30 wita. Dipimpin langsung majelis hakim Dwi Hatmodjo SH.MH, Cecep Dudi Mukhlis Sabigin SH MH, Priyo Pujono SH.

Selain vonis penjara 6 tahun, didenda Rp 500 juta, subsidair 6 bulan kurungan. Dan terdakwa juga wajib membayar uang penganti Rp 4 miliar. 7 ratus ribu rupiah dalam waktu satu bulan sesudah putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Jika tidak membayar uang penganti. Maka, harta bendanya dapat disita jaksa dan dilelang untuk menutupi uang penganti tesebut. Dan apabila harta bendanya tidak mencukupi, maka diganti dengan pidana penjara 4 tahun 6 bulan.

Menangapi putusan majelis hakim tersebut. Terdfakwa Suleman Musjama menyatatakan banding, sedangkan JPU menyatakan pikir piker (riel/rg)


Komentar