oleh

Duta Besar Bosnia Herzegovina, Falisitasi Dialog Imam Masjid Istiqlal Indonesia dan Sarajevo

-Politik-590 Pengunjung

GORONTALO (RG0L)–Duta Besar Republik Indonesia, untuk negara Bosnia Herzegovina memfasilitasi dialog antara imam masjid istiqlal Indonesia, dan imam masjid istiqlal di Sarajevo, Bosnia Herzegovina. Ini satu bentuk program kedutaan Indonesia -dan negara Bosnia Herzegovina dalam bidang keagamaan.

Apalagi ada kesamaan nama antara masjid di Indonesia dan Sarajevo. Diharapkan kerjasama ini akan terus berkembang yang nantinya akan meningkatkan kerjasama kedua negara di segala bidang.

“Kedutaan memfasilitasi dialog ini sekalipun baru dalam bentuk zoom (video) . ke depan tentunya berharap akan ada pertemuan langsung antara pengurus masjid baik di Indonesia dan Sarajevo,’ kata Duta Besar RI Untuk Bosnia Herzegovina Roem Kono seperti dikutip dalam siaran pers KBRI.

Dialog itu dilakukan imam masjid istiqlal Indonesia Prof K.h Nasaruddin Umar dengan Imam masjid Istiqlal Sarajevo Ahmed Skopljak Sabtu (20/3) kemarin.

Menurut Roem Kono. Dalam dialog tersebut, kedua imam masjid istiqlal saling bertukar pandangan dan sepakat keberadaan masjid harus membawa manfaat dalam pengembangan umat dan lingkungan sekitar. Tidak hanya difungsikan sebagai rumah ibadah.

Namun masjid juga semestinya menjadi pusat pendidikan dan pelatihan ketrampilan untuk generasi muda. Selain itu menjadi pusat perkembangan ekonomi masyarakat setempat, serta balai pertemuan musyawarah pengambilan keputusan dan kebijakan menyangkut harkat umat.

Dijelaskan oleh duta besar Roem Kono. Dialog ini dilakukan terkait dengan peringatan berdirinya masjid Istiqlal di Sarajevo yang ke 20. “ secara nama ada kesamaan dengan masjid istiqlal di Jakarta. Dan disisi lain Bosnia salah satu negara warga muslimnya besar.

Diharapkan dengan adanya dialog ini akan ada kerjasama dibidang keagamaan dan budaya melalui kerjasama dan komunikasi kedua pengurus masjid yang akan memperluas hubungan dan interaksi masyarakat madani antara Indonesia dan Bosnia dan Herzegovina,’ kata Roem Kono.

Yang selanjutnhya dapat meningkatkan hubungan people to people dan kelompok-kelompok ditataran akar rumput di kemudian hari.


Komentar