oleh

Ekonomi Mulai Pulih Kredit Modal Usaha Melejit

Kantor BI Perwakilan Gorontalo
Kantor BI Perwakilan Gorontalo

GORONTALO (RADAR) – Pertumbuhan ekonomi Gorontalo, sempat turun di tahun 2015. Anjloknya sektor pertanian, mendorong lajunya inflasi hingga melampaui inflasi nasional. Nah, di 2016 ekonomi kembali bergairah. Lihat saja, dari Rp. 9,1 triliun total nilai kredit yang dikucurkan, kredit modal kerja mengalami kenaikan signifikan, khususnya di sektor perdagangan. Seperti dijelaskan Kosasih salah seorang pejabat Bank Indonesia perwakilan Gorontalo. Ditemui kemarin, Kosasih memaparkan, harus diakui kalau pertumbuhan ekonomi Gorontalo, untuk tahun 2016 mengalami pertumbuhan signifikan.

Sektor usaha, terlihat sangat bergairah. Itu bisa dilihat dari total nilai kredit yang sudah dikucurkan Maret 2016 (yoy) berada pada angka Rp. 9,1 triliun atau naik 8,97 persen dibanding Maret 2015 hanya berkisar Rp. 8,3 triliun. Memang, dengan pertumbuhan kredit seperti itu, harus diakui kredit konsumtif masih dominan yakni Rp. 5,6 triliun. Tapi kabar gembiranya, kredit untuk modal kerja naik signifikan, menyentuh angka Rp. 2,4 triliun atau tumbuh 12,21 persen.

Begitu juga dengan kredit investasi naik Rp. 1 triliun atau tumbuh 3,98 persen. sektor perdagangan paling dominan dalam kredit modal kerja, tembus angka 40 persen. Ini sangat positif untuk pertumbuhan Gorontalo. Apalagi, inflasi perlahan mulai turun. Belum lagi kata Kosasih, beberapa bulan terakhir, sektor pariwisata lagi sangat bergairah. Dan ini bakal menjadi salah satu potensi, yang bisa memberikan share cukup tinggi bagi pertumbuhan ekonomi yang akhirnya berdampak pada kesejahteraan rakyat.

Suport pemerintah provinsi Gorontalo dan pemerintah kabupaten/kota pun ikut memberikan sumbangan positif. Itu bisa dilihat dari pembangunan berbagai fasilitas, salah satunya Gorontalo Outer Ring Road (GORR). Dan infrastruktur penunjang lainnya. Menurut Kosasih, keberadaan GORR akan sangat memperlancar arus distribusi barang. Perlahan nantinya, usaha-usaha baru pun akan tumbuh. (rg-34)


Jangan Lewatkan

Komentar