Ekraf Bonebol Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

GORONTALO (RGOL.ID) – Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan pemerintah daerah sangat berkepentingan untuk memajukan ekonomi kreatif di Kabupaten Bone Bolango.

Ia menyebutkan ini karena melihat potensi ekonomi kreatif di daerah yang dipimpinnya itu luar biasa, baik dari sisi penciptaan lapangan kerja, varian dari ekonomi kreatif sendiri, dan tentu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini diutarakan Bupati Hamim Pou saat membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) ke-I Komite Ekonomi Kreatif (Kekfraf) Bone Bolango yang bertemakan optimalisasi pengembangan kelembagaan menuju Kabupaten/Kota kreatif, di Hotel Toewawa, Minggu (17/7/2022).

“varian ekonomi kreatif ini luar biasa sektornya, ada puluhan bahkan ratusan sektor, dan menyerap tenaga kerja luar biasa, dan tentu gollnya bagaimana kita ini menjadi orang-orang sejahtera,” kata Bupati Hamim Pou, yang turut didampingi Dewan Pembina Kekraf Bone Bolango, Irwan Bempah.

Olehnya itu, kata Bupati, kita perlu bergandengan tangan bagaimana pengurus Kekraf Bone Bolango ini membuat ekosistem yang baik dan disuport oleh pemerintah daerah melalui OPD Camat, hingga Kades. Apalagi di Bone Bolango ini ada 23 ribu pelaku UMKM, anda semua ada di dalamnya sebagai penggerak utama ekonomi.

“saya berharap Kekraf menjadi sebuah organisasi yang kuat dengan pengurus yang solid, memiliki kreatifitas yang tinggi, dan tidak membangun klik, justru yang dibangun adalah kompetisi dan kolaborasi antar kita bergandengan tangan untuk sukses bersama-sama, saling mendorong, saling memanusiakan, dan buat jejaring semua,” harap Hamim.

Hamim mengungkapkan tentu akan ada peran pemerintah daerah disitu, kita akan bantu fasilitasi, bantu buatkan regulasinya, dan Kekraflah yang akan melaksanakan dan mengimplementasikan apa yang telah dibuatkan oleh Pemda tersebut.

“tetap ada suporting, tahun depan Kekraf akan kita berikan hibah, tapi bukan proyek fisik namun untuk workshop peningkatkan kapasitas, ruang-ruang diskusi, ini penting,” terang Bupati Hamim dan mengatakan dirinya mensuport total Kekraf dan pelaku UMKM di Bone Bolango.

Olehnya, Bupati Bone Bolango dua periode ini berharap siapa pun yang menjadi Ketua Kekraf terpilih nanti harus bertanggungjawab dan berkolaborasi. “saya minta Gallery Bonebol juga harus dihidupkan kembali oleh Kekraf Bone Bolango,” pungkas Bupati Hamim, yang juga Dewan Penasehat Kekraf Bone Bolango itu.

Sementara itu, pelaksanaan Musda I Kekraf Bone Bolango yang berlangsung hingga menjelang magrib itu, telah menghasilkan kepengurusan Kekraf Bone Bolango periode 2022-2025, dengan Ketua terpilih Rampi Yusuf, Raden Hasan sebagai Sekretaris, dan Bendahara Sumitro Lopuo. (LaAwal-46)


Jangan Lewatkan

Komentar