oleh

Empat Puskesmas Dapat Mobil Ambulance

-Bone Bolango-242 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou menyerahkan empat unit mobil ambulance untuk Puskesmas Tapa, Kabila, Bone Pantai, dan Suwawa Timur, disela apel Korpri di lingkungan Pemkab Bone Bolango, di halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Selasa (17/9).

Empat unit mobil ambulance itu merupakan pengadaan tahun 2019 pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango yang nantinya akan difungsikan sebagai sarana transportasi rujukan bukan hanya ibu hamil, tapi semua pasien yang perlu dirujuk ke rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango dr. Meyrin Kadir mengatakan, pengadaan mobil ambulance ini sebagai komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di Kabupaten Bone Bolango.

Sebenarnya semua Puskesmas sudah memiliki mobil ambulance, kecuali Puskesmas Pinogu. Tapi karena mobil ambulance-nya sudah lama, sehingga perlu diadakan mobil ambulance yang baru.

“Tahun ini baru dapat empat unit ambulance untuk Puskesmas Tapa, Kabila, Bone Pantai, dan Suwawa Timur. Insya Allah tahun depan akan dianggarkan lagi mobil ambulance untuk Puskesmas lainnya, karena selayaknya satu Puskesmas itu harus ada dua unit mobil ambulance,” ungkap Meyrin.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kabila Nurdin Dali menyambut baik dengan adanya mobil ambulance Puskesmas tersebut, karena merupakan kebutuhan Puskesmas.

Menurut dia, sesuai amanat Permenkes 75 bahwa Puskesmas wajib memiliki dua unit mobil, yaitu mobil Puskesmas Keliling dan mobil ambulance.

Saat ini Puskesmas hanya memiliki Mobil Puskesmas Keliling yang digunakan dwi fungsi, selain untuk operasional pelayanan juga digunakan sebagai ambulance untuk pelayanan rujukan.

“Dengan diberikannya mobil ambulance, ini diharapkan mutu pelayanan Puskesmas akan lebih baik, terutama kondisi kegawatdaruratan akan mudah untuk diatasi,” terang Nurdin Dali. (wal-46)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.