abd karim aljufrie

Erwinsyah: Siapapun Penjagub, Kuncinya di Kinerja OPD

Image
Jajaran fraksi-fraksi di Deprov Gorontalo, saat berembuk dalam mengajukan usulan Penjagub, pada rapat paripurna pengusulannya di Deprov, Selasa (4/4) kemarin. (foto: ayi/RG-2023)

BOTU (RGOL.ID) – Penawaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, agar DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo turut berkontribusi mengajukan maksimal 3 (tiga) nama sebagai calon Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo, guna menindaklanjuti akan berakhirnya setahun masa pemerintahan dari Penjagub Hamka Hendra Noer pada 12 Mei 2023 nanti.

Ditindaklanjuti dalam bentuk rapat paripurna pengusulannya, oleh para wakil rakyat di parlemen Puncak Botu itu.

Alhasil, dari masukan 7 (tujuh) fraksi yang ada di Deprov, terakomodir 3 (tiga) nama, masing-masing Hamka Hendra Noer, Ismail Pakaya, dan Firdaus Delwimar, sebagai calon Penjagub yang akan diajukan Deprov Gorontalo, ke Kemendagri RI.

Namun ada yang menarik disampaikan oleh Ketua Fraksi Demokrat-Nurani-Bangsa(DNB) di Deprov, Erwinsyah Ismail. Dimana, menurutnya, dari tiga nama tersebut, tidak masalah siapa yang dinilai atau ditentukan oleh Kemendagri.

Apakah masih Hamka Hendra Noer, atau 2 nama usulan terbaru tersebut. Karena bagaimana pun, penunjukan Penjagub adalah kewenangan pemerintah pusat, melalui Kemendagri RI.

“Namun menurut saya, siapapun Penjagub, kunci dari keberhasilan akan kelanjutan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di sebuah daerah, seperti di provinsi Gorontalo. Itu ada di tangan atau turut bergantung pada tugas dan kinerja peran dari dinas/lembaga OPD (Organisasi Perangkat Daerah) masing-masing, yang dibawah kendali Penjagub.

Karena mereka sebagai eksekutor di lapangan,” sahut Erwinsyah Ismail. “Sementara, tugas dari Penjagub sendiri, hanya sebatas mengkoordinasikan sesuai tugas pokok fungsi yang diamanatkan undang-undang kepadanya.

Seperti dalam menjaga stabilitas kamtibmas, bagaimana agar perhelatan pileg dan pilkada khususnya di provinsi Gorontalo pada tahun 2024 mendatang berjalan lancar, dan sebagainya. Syukur-syukur penjagub terpilih nanti, dapat mendatangkan investor, untuk lebih membangun provinsi Gorontalo yang lebih maju,” terang Erwinsyah Ismail. (ayi)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN