Evaluasi Penjagub Tiga Bulanan oleh Kemendagri, Komisi I Bisa Beri Masukan

RGOL.ID – Mendagri Tito Karnavian menyebutkan, bahwa masa jabatan Penjabat Gubernur (Penjagub) hanya berlaku selama setahun.

Yang sesuai aturan, kelak bisa diperpanjang dengan pejabat yang sama, atau pejabat berbeda. Olehnya, sebagai tahapan atau proses penilaian terhadap kinerja Penjagub Gorontalo, Hamka Hendra Noer, yang dilantik bersama 4 (empat) penjagub di daerah provinsi lainnya di Indonesia, pada 12 Mei 2022 lalu, akan dilakukan evaluasi-nya per 3 (tiga) bulanan.

Untuk itu, dalam mensinergikan harapan Mendagri ini, Ketua Komisi I Deprov, AW Talib, mengaku, jajarannya siap menyambut dan mengawal segala proses kebijakan yang akan dilakoni penjagub Hamka, selama diamanatkan menakhodai provinsi ke 32 di Indonesia ini.

“Kami (Komisi I) siap bersinergi, sekaligus mengawal pemerintahan bapak Penjagub Gorontalo nanti. Yang tentunya, harapan kami, agar kelak di masa pemerintahannya, berjalan lancar, sesuai aturan tugas dan kewenangan yang diberikan.

Diantaranya, mempersiapkan dan membawa provinsi Gorontalo, sukses menggelar tahapan Pemilu 2024 mendatang, hingga senantiasa menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban, selama kepemimpinannya di masa transisi ini.

Dan kewenangan lainnya, maupun larangan kepada penjagub, sesuai aturan yang berlaku.” ujar Talib, yang komisi-nya membidangi urusan Pemerintahan ini.

“Karena, meski dalam melakukan evaluasi tiga bulanan, serta penempatan Penjagub, adalah kewenangan di Kemendagri.

Namun kami di Komisi I berhak secara kelembagaan, menyampaikan masukan atau penilaian tersendiri, atas kinerja Penjagub kepada Kemendagri. Tentunya, dengan mekanisme sesuai aturan yang berlaku.

Karena bagaimana pun, salah satu fungsi DPRD sebagai lembaga pengawasan. Setiap masukan ke Mendagri, itu kan sama saja, dengan aspirasi.” jelas mantan anggota Komisi II DPR RI periode 2009-2014 ini. (ayi)


Jangan Lewatkan

Komentar