Fadel Bangun Lagi Kejayaan Jagung Gorontalo

RGOL.ID – Fadel Muhammad terpaksa harus turun tangan benahi permasalahan Jagung Gorontalo, mantan Gubernur Gorontalo ini bertekad mengembalikan kejayaan Jagung Gorontalo.

Pada acara makan malam di Meranti, Ketua Dewan Jagung itu nampak sangat gelisah setelah mendapatkan laporan dari hasil kunjungannya ke sejumlah pabrik pakan ternak yang ada di Gorontalo.

Jika tak segera di urus, pabrik pabrik pakan ternak di Gorontalo bakal hengkang dari Gorontalo.

Pasalnya Fadel yang dijuluki Gubernur jagung itu mengatakan produksi Jagung Gorontalo sangat menurun, akibatnya pabrik pabrik jagung itu kekurangan bahan baku sehingga produksi pabrik pun turun hampir setengah.

“Saya akan turun tangan untuk mengurus jagung Gorontalo, apalagi yang jadi bupati dan gubernur adalah teman teman, jadi enak menanganinya,” kata FM.

Menurut Fadel lagi pihak Charoen Pokphand Corn Dryer sudah mempersiapkan 1800. petani jagung untuk dibina, namun kata Fadel mestinya 5 ribu.

Bibit dan lainnya akan disediakan oleh pihak pabrik, namun yang menjadi masalah adalah pupuk, tetapi kata Fadel lagi, itu bisa diatasi dengan cara lewat bank

Nanti kata dia lagi BRI akan beli pupuk non subsidi yang harganya 480 ribu perkilo lalu nanti disalurkan ke petani.

“Bisa untung 2 ribu rupiah saja sudah sangat bagus untuk petani, bayangkan kalau setiap hektare menghasilkan 5 ribu ton,” katanya.

Dulu kata Fadel lagi, hasil jagung Gorontalo bisa 6 sampai 8 ton per hektare, bahkan di tempat tertentu ada yang mencapai 12 ton.

Masalah jagung Gorontalo ini hanya kurang diurus saja, makanya mumpung sekarang ini gubernur dan bupatinya adalah teman teman semua maka Fadel merasa enak untuk turut mengurus jagung Gorontalo.

Sebenarnya stok pupuk ada tetapi karena tak ada permintaan maka terjadi kelangkaan di Gorontalo, Fadel mengaku sudah telepon pihak pabril pupuk dan diperoleh jawaban kalau jatah untuk Gorontalo tersedia tetapi kalau kemudian para petani sering mengeluh karena sulit mendapatkan pupuk itu karena tak ada permintaan .

Fadel kemudian mengungkapkan gagasannya pembentuk kawasan pangan, untuk itu Wakil Ketua MPR RI, akan menggelar pertemuan nasional di Gorontalo untuk membicarakan persoalan pangan dan dalam pertemuan dia akan mengundang Menteri Pertanian untuk hadir.

Bicara soal jagunh tentu Fadel paling mengerti, karena dialah yang menjadikan Gorontalo sebagai Provinsi Jagung.

Makanya kalau mantan Gubernur Gorontalo ini bicara soal jagung pastilah dia sudah punya konsep dan gagasan brilian soal itu.

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.