RGOL.ID GORONTALO – Raja Jagung Gorontalo yang juga Ketua Dewan Jagung Indonesia itu diundang panen raya Jagung di Desa Gakeng Dareng , Kecamatan Tanjung Bunga, Flores Timur. Acara yang berlangsung beberapa hari lalu itu, tentu saja teringat masa masa jaya Gorontalo sebagai penghasil jagung terbesar pada masa itu.

Fadel diterima secara adat di area perkebunan jagung selaus 60 hektare yang sudah siap panen. Setelah disuguhi sesajian, antara lain rokok adat Flores, Fadel dan rombongan langsung memetik jagung.

Jalan menuju perkebunan jagung memang agak rusak dan jauh pula, tetapi demi panen raya jagung, Fadel tetap bersemangat.

Apalagi yang mengajaknya ke sana adalah Angelius Wake Kako S.Pd. M. SI anggota DPD/MPR RI Dapil NTT.

Pada kesempatan itu, Fadel juga mengajak Jarum Pokpan, perusahaan pakan ternak terbesar di Indobesia.

Melihat kebun janggung yang terbentang luas, Fadel mendorong warga Flores untuk terus meningkatkan produksi jagung. Tidak hanya itu, sebagai Ketua Dewan Jagung Indonesia, Fadel juga mendorong seluruh daerah di Indonesia untuk memperluas lahan jagung.

Andai produksi jagung Gorontalo ini terus ditingkatkan, maka sampai sekarang ini Gorontalo tetap akan menjadi daerah penghasil jagung terbesar.

Kepada RAGORO kemarin, Fadel mengatakan Gorontalo harus kembali menggalakan jagung, agar bisa menopang kebutuhan jagung Nasional.

” Produksi jagung kita sekarang ini benar benar turun, bahkn untuk memenuhi kebutuhan pabrik pakan yang ada di Gorontalo saja tidak mampu, sekarang ini produksi pabrik pabrik yang ada tinggal setengah karena kekurangan bahan baku jagung.” ungkap Fadel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.