oleh

Fadel Perjuangkan 5 Aspirasi DPD

-Gorontalo, Nasional-146 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, Setelah dipercayakan sebagai pimpinan MPR dari DPD, Fadel Muhammad menjadi salah satu pihak yang mengincar kursi Ketua MPR periode 2019-2024.

Namun Fadel siap mendukung siapapun calon yang dapat mengabulkan lima aspirasi yang diminta lembaganya. Lima aspirasi itu yakni pertama, DPD meminta keterlibatannya dalam dana transfer daerah. Kedua, DPD meminta terlibat dalam mengatur dana desa.

Ketiga, DPD ikut mengatur dana insentif yang juga pernah dibuatnya saat menjabat anggota Komisi XI DPR, sehingga pemimpin daerah yang memiliki kinerja yang baik dapat mendapatkam insentif tambahan.

Keempat, DPD meminta beberapa undang-undang yang berhubungan dengan Pemda diperbaiki, salah satunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang PPemerintahan Daerah. “Nah ini kita akan ubah,” ujar Fadel.

Dan permintaan terakhir, terkait Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), agar lembaganya memiliki kewenangan yang kuat, sehingga masyarakat dapat lebih merasakan peran DPD. “Jadi peran itu, DPD lebih punya gigi di daerah-daerah.

Kalau tidak begitu DPD enggak ada apa-apanya. Karena survei cuma 30 persen orang yang tahu DPD,” jelas Fadel. Untuk memuluskan aspirasi ini, Fadel mengaku pihaknya sudah membangun komunikasi dengan Partai Golkar yang menyambut positif permintaan DPD ini.

“Pada prinsip saya kalau bertarung harus menang, bukan kalah. Tapi kalau ada calon yang bisa memenuhi lima aspirasi DPD, saya siap mendukungnya,” tutur mantan Gubernur Gorontalo ini. (yod-54)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.