Fadlan Adrian peraih juara I lomba lukis di Peksiminas saat berpose bersama mahasiswa UNG lainnya peraih peringkat di beberapa tangkai lomba
Fadlan Adrian peraih juara I lomba lukis di Peksiminas saat berpose bersama mahasiswa UNG lainnya peraih peringkat di beberapa tangkai lomba

RadarGorontalo.com – Fadlan Adrian Mahasiswa Jurusan Seni Rupa Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, berhasil mengukir prestasi membanggakan pada ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2016. Pada kompetisi seni bergengsi tingkat Perguruan Tinggi tersebut, Fadlan mampu meraih juara I pada tangkai lomba lukis.

Fadlan didaulat sebagai yang terbaik pada tangkai lomba Lukis pada malam penganugerahan Peksiminas 2016 yang dilaksanakan di Universitas Haluoleo Kendari, Minggu (16/10), usai menyingkirkan 22 peserta lain perwakilan Perguruan Tinggi ternama di Indonesia.

Atas raihan prestasi membanggakan tersebut, Fadlan mengaku terkejut karena mampu mengalahkan peserta dari perguruan tinggi ternama lainnya. Padahal menurut Fadlan, pesaing yang dihadapi notabene berasal dari Institut Seni, sedangkan ia hanya merupakan perwakilan dari Jurusan Pendidikan Seni Rupa.

“Semula saya sedikit minder karena pesaing yang dihadapi kebanyakan berasal dari Institut Kesenian. Meski demikian saya tetap optimis dengan kemampuan saya, dan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi almamater UNG,” ungkap Fardlan.

Pelatih tangkai lomba lukis UNG Drs. Suleman Dangkua, M.Hum, menuturkan, Untuk menghadapi ajang ini, ia sebagai pelatih terus memberikan pembekalan secara intensif kepada peserta khususnya penguatan konsep karja lukis.
“Dari segi kemampuan, perwakilan UNG pada tangkai lomba lukis sudah sangat bagus. Dan untuk mendukung kemampuannya penguatan konsep terus dilakukan, karena ruh dari karya seni adalah konsep yang diusung,” terang Suleman.

Sementara itu Ketua Kontingen Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Pengda Provinsi Gorontalo Dr. Sukirman Rahim, M.Pd, menuturkan prestasi pada tangkai lomba Lukis telah melebihi ekspektasi yang diharapkan dan menjadi capaian yang membanggakan. Selain prestasi terbaik 1 tersebut, perwakilan UNG juga mampu mengukir prestasi pada cabang lomba lainnya. “Atas prestasi secara keseluruhan pada Peksiminas tahun 2016, BPSMI Provinsi Gorontalo dikukuhkan sebagai peringkat 9 dari 33 Provinsi yang berpartisipasi pada kompetisi ini,” jelasnya.

Pada kompetisi Peksiminas 2016, BPSMI Prov. Gorontalo turut serta berpartisipasi pada sejumlah tangkai lomba, yang seluruh perwakilannya merupakan mahasiswa dari Universitas Negeri Gorontalo. Tahun ini Peksiminas melibatkan 121 Perguruan Tinggi yang mewakili 33 BPSMI se Indonesia. (rg-40/pr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.