oleh

Faperta Ajak Masyarakat Ponkep Kreatif Bercocok Tanam

-Kampus, Pendidikan-202 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, Fakultas Pertanian Universitas Gorontalo (Faperta UG) terus bergeliat melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, salah satunya dharma ketiga, yakni pengabdian kepada masyarakat.

Sebagaimana yang ditunjukkan fakultas dibawah naungan Nurul Auliyah, S.Pi, M.Si selaku dekan, saat mengenalkan budidaya menanam dengan model hidroponik dan aquaponik kepada aparat dan warga masyarakat di Kecamatan Ponelo Kepulauan (Ponkep) Kabupaten Gorontalo Utara, belum lama ini.

Kegiatan yang dijembatani lewati program Kuliah Kerja Pengabdian (KKP) ini dikemas dalam bentuk pelatihan pembuatan hidroponik dan aquaponik kepada masyarakat Ponelo Kepulauan.

Dekan Faperta UG, Nurul Auliyah, S.Pi.,M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan keingininan masyarakat Ponelo Kepulauan kepada pihak Fakultas Pertanian dalam mengatasi masalah atau problem kemarau yang saat ini dihadapi masyarakat Gorontalo pada umumnya.

“Sehingga, lahir sebuah inisiatif dari masyarakat Ponelo Kepulauan yang dijembatani oleh mahasiswa KKP UG yang bertugas di daerah tersebut, yang disampaikannya kepada pihak fakultas guna terealisasinya sebuah kegiatan,” ungkap Nurul.

Dijelaskan Nurul, Hidroponik adalah sistem budidaya atau pemeliharaan tanaman tanpa menggunakan media tanah, artinya hanya memanfaatkan air. Sedangkan Aquaponik adalah sistem hidroponik yang dimodifikasi dengan penambahan budidaya atau pemeliharaan ikan pada penampungan airnya.

“Dimana, keunggulan dari hydroponik dan aquaponik yaitu tidak memerlukan lahan yang luas, jadi proses budidaya dapat dilakukan dengan pemanfaatan air yang sangat minimal, karena memanfaatkan sistem resirkulasi air.

Selain itu, tidak perlu mengaplikasikan pupuk tambahan pada tanaman tersebut apabila menggunakan sistem aquaponik, karena unsur hara yang dibutuhkan tanaman sudah dapat terpenuhi dari kotoran-kotoran ikan dan sisa-sisa makanan hasil pemeliharaan ikan pada bak penampungan air,” jelas Nurul. Lebih dari itu,

Nurul menambahkan, pemanfaatan hidroponik dan aquaponik sangat dirasakan oleh masyarakat Ponelo Kepulauan sebagai informasi yang sangat bermanfaat, karena hal tersebut merupakan hal yang baru bagi mereka.

“Jadi, masyarakat Ponelo Kepulauan sangat merasakan manfaat penggunaan hydroponik dan aquaponik yang dilakukan melalui kegiatan pelatihan tersebut, dimana hal ditandai dengan begitu besarnya antusias masyarakat Ponelo Kepulauan yaitu dengan hadirnya masyarakat dari 4 Desa untuk mengikuti kegiatan tersebut,” pungkasnya. (tr10)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.