oleh

Fasilitas Sarana Prasarana Puskesmas di Gorut, Ditingkatkan

Wabup Thariq : Kesehatan Masyarakat itu Nomor Satu

RGOL.ID, GORONTALO – Peningkatan fasilitas sarana dan prasarana pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Gorontalo Utara (Gorut) terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Gorut.

Seperti diketahui, saat ini ada beberapa puskesmas di daerah terbungsu di Provinsi Gorontalo itu tengah direnovasi maupun dikembangkan, salah satunya, Puskesmas Gentuma Raya. Pengembangan terhadap puskesmas yang beralamatkan di Desa Gentuma itu menelan anggaran sebesar Rp. 3.093.000.000 (tiga miliar sembilan puluh tiga juta rupiah) yang bersumber dari APBD Gorut Tahun 2019.

Dan Rabu (18/03/2020), Wakil Bupati (Wabup) Thariq Modanggu meninjau langsung proses pengerjaan dari puskesmas tersebut. Wabup melihat langsung progres pembangunannya sudah sejauh mana. Peninjauan langsung ke lapangan yang dilakukan oleh Wabup ini juga berdasarkan perintah Bupati Indra Yasin.

Wabup mendesak pihak pelaksana pembangunan puskesmas tersebut, agar pekerjaannya segera dipacu. “Jangan berlama-lama, mengingat fasilitas kesehatan ini harus segera dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” tegas Thariq.

Dan sebagaimana pengakuan dari pihak pelaksana, bahwa selambat-lambatnya pada Bulan April 2020 ini pembangunan Puskesmas Gentuma Raya ini akan segera selesai, tinggal finishing dan beberapa pekerjaan ringan lainnya.

Menurut Ka Oki sapaan akrab Thariq, selain pendidikan, kesehatan menjadi urusan wajib pemerintah, mulai dari pusat hingga daerah. Di mana, kesehatan masyarakat adalah nomor satu. “Itu yang terpenting. Karena kalau kita sehat, tentu kita akan mudah menyerap pelajaran. Intinya kesehatan dan pendidikan harus jadi pegangan setiap orang, tak terkecuali masyarakat kita di Gorontalo Utara,” jelasnya.

Setelah peninjauan ini, dijadwalkan pekan depan Wabup akan meninjau 2 (dua) puskesmas di wilayah barat, yakni di Puskesmas Buloila, Kecamatan Sumalata dan Puskesmas Dulukapa, Kecamatan Sumalata Timur. (ind-56)


Komentar