oleh

Festival Budaya Polopalo, Hamim: Bone Bolango Pusat Budaya Gorontalo

-Advetorial-232 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID) – Bupati Bone Bolango Hamim Pou sangat mendukung kegiatan dialog budaya. Diakuinya, sektor budaya menjadi salah satu program penting yang terus dikembangkan oleh Pemerintah Bone Bolango.

Kata Hamim, Bone Bolango nantinya diproyeksikan menjadi satu daerah sentra budaya Gorontalo. Karena memang Bone Bolango salah satu daerah yang memiliki ragam budaya menarik, mulai dari tarian, musik, pakaian adat yang baru-baru ini diminati salah satu pejabat di Turki.

“Pemerintah Bone Bolango giat mempromosikan budaya Gorontalo, bahkan di beberapa negara, kami berkesempatan memperkenalkan pakaian adat, tari-tarian, dimana Turki, Jepang dan beberapa negara lainnya sangat tertarik,” kata Hamim Pou.

Dari sisi pembangunan infrastruktur juga identic dengan budaya Gorontalo. Sehingga diharapkan ini mampu menarik perhatian wisatawan untuk datang ke Bone Bolango.

“Salah satu alat music terbuat dari bambu yakni Polopalo, tradisi musik bambu ini dimainkan tak kalah para petani bergembira karena panen padinya melimpah,” ujar Hamim Pou.

Dialog budaya ini kerjasama Dinas Pendidikan dan Budaya Bone Bolango, BPNB wilayah Sulutgo. Dialog budaya ini juga terkait dengan Pekan Seni Budaya, yang salah satu kegiatannya adalah Festival Budaya Polopalo, berupa Lomba Polopalo tingkat SD, SMP taman teather MMP dan banteng Ulantha. Workshop Kebudayaan Nasional Maqna Hotel, dan anjangsana Industri Polopalo.

Dihari terakhir, para peserta akan melakukan wisata Hiu Paus Taman Laut Olele. Dialog Budaya tersebut dibuka dengan memukul Polopalo oleh Bupati Bone Bolango dan pemateri Budaya, diantaranya menghadirkan Kepala BPNB Sulutenggo, Apolos Marisan, Dr. Mohamad Karmin Baruadi.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya Bone Bolango, Marni Nisabu, mengatakan, kegiatan dialog budaya ini tidak lepas dengan rangkaian kegiatan pekan seni budaya yang digelar pemerintah Bone Bolango. (riel/adv)


Komentar