FIKES UMGO Gelar Yudisium dan Pengambilan Janji Sarjana Keperawatan

RGOL.ID – Kamis (9/06/2022), dilaksanakan Pengambilan Janji Lulusan Sarjana Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) Tahun Akademik 2021/2022 sekaligus Yudisium sarjana.

Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Indoor David Bobihoe Akib. Pada pengambilan janji ini diikuti oleh 52 orang lulusan sarjana keperawatan, 41 orang kelas reguler dan 11 orang kelas karyawan khususnya kelas kerjasama dengan Biddokes Polda Gorontalo.

Dekan Fikes, Ns. Wahab Pakaya, MM., M.Kep., saat memberikan sambutannya mengatakan Pengambilan janji ini dimaksudkan sebagai pengingat kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan Pendidikan di prodi masing-masing, tentang tanggung jawab moral yang mengikat kepada gelar yang mereka telah raih.

“Bahwa dalam pengambilan janji mahasiswa diingatkan agar dapat berkontribusi dan memberikan manfaat kepada masyarakat di lingkungan masing-masing. Menjaga nama baik pribadi, keluarga serta almamater, taat kepada etik yang berlaku di masyarakat serta etik pada profesi masing-masing,”jelasnya.

Kemudian untuk perkembangan yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan terus menunjukan perkembangan yang begitu pesat, mulai dari mutu akademik, kualitas SDM yang ditandai dengan lulusan yang telah bersertifikat dan memikiki STR itu rata-rata susah terserap sebanyk 90% didunia kerja.

“Ada yang diinstansi pemerintahan, swasta, dsb. Oleh karena itu dengan adanya pencapaian ini kami dari keperawatan teeus berkomitmen untuk melakukan perubahan dengan peningkatan kualitas SDM, penjaminan mutu dan kualitas baik prodi dan fakultas, memperlebar jejaring kerjasama dengan pihak luar baik dalam negeri hingga luar negeri,”tukasnya.

Dilain sisi, Prof. Abd Kadim Masaong selaku Rektor UMGO menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan tahapan sarjana, meski begitu masih ada tahapan yang harus dilalui.

“Sebagai calon tenaga Kesehatan yang akan memberikan kontribusi pada masyarakat, tentu saja sarjana keperawatan belum cukup, sesuai tuntutan undang-undang, harus terlebih dahulu meraih gelar profesi untuk memberikan manfaat pada tatanan pelayanan Kesehatan, baik di rumah sakit, puskesmas atau tempat pelayanan Kesehatan lainnya, intinya lanjutkan Pendidikan hingga jenjang profesi ners”Jelasnya.

Rektor melanjutkan, maka dari itu saya berpesan untuk tidak lama-lama dalam melanjutkan studi ke profesi ners apalagi di UMGO sudah tersedia prodi Profesi Ners.

“Jadi saya harap 52 orang lulusan ini segera mendaftar di prodi Profesi Ners sehingga semangat dan sprit untuk belajar itu masih ada dan anda dapat sesegera mungkin berkarir diluar sana,”Tutupnya.

Kegiatan pengambilan janji ini dihadiri oleh Rektor UMGO, Wakil-wakil Rektor UMGO, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Gorontalo, Ketua BPH UMGO, Kabid Dokkes Polda Gorontalo, Karumkit Bhayangkara Gorontalo, Kassubid Kespol Biddokkes Polda Gorontalo, Ketua DPW PPNI Provinsi Gorontalo, Kepala Bidang Keperawatan RSUD se – Provinsi Gorontalo, seluruh civitas akademika UMGO dan Fikes, para lulusan serta orang tua.(hms)


Jangan Lewatkan

Komentar