oleh

FKIP Jadi Pelaksana Yudisium Semester Genap Pertama di UMGO

RGOL.ID – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) selalu menjadi terdepan dalam melakukan terobosan, setelah menjadi pelopor Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pertama di UMGO, Rabu (27/7/2022) FKIP menjadi fakultas pertama melaksanakan Yudisium semester genap tahun akademik 2021/2022.

Kegiatan yang bertajuk Laporan Kemajuan Studi Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prodi Ilmu Keolahragaan ini, berlangsung di Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Dekan FKIP Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd., saat memberikan pengantar dalam kegiatan tersebut mengatakan, sangat bersyukur dan mengapresiasi atas segala prestasi yang telah dicapai oleh mahasiswa FKIP yang tentu telah mengharumkan nama prodi, fakultas dan kampus UMGO.

“Saya sangat bersyukur karena FKIP mengalami banyak kemajuan baik di bidang akademik maupun non akademik. Terdapat beberapa prestasi yang diraih mahasiswa yang sangat membanggakan nama prodi, fakultas dan juga kampus.

Semua ini dapat terjadi karena kerja keras para dosen sebagai pembimbing dan pembina dan mahasiswa itu sendiri. Ditambah semangat belajar dan rasa kebersamaan antara sesama mahasiswa,”ungkapnya.

Oleh karena itu ia bertekad akan terus mendorong dan mendukung sepenuhnya mahasiswa dalam berinovasi, mengembangkan softskill dan mengasah prestasi yang dimiliki mahasiswa.

Sementara itu, Rektor UMGO yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Moon Hidayati Otoluwa, M.Hum., saat memberikan sambutannya mengucapkan selamat kepada FKIP yang menjadi pelaksana Yudisium Semester Genap pertama di UMGO.

“Sebelumnya selamat datang untuk dosen-dosen baru FKIP dimana dengan keberadaan dosen-dosen baru ini bisa menambah spirit FKIP dalam meningkatkan kualitas pendidikan dilingkup FKIP. Kemudian selamat kepada FKIP yang menjadi fakultas pertama melaksanakan yudisium juga kepada mahasiswa yang berprestasi,”ucapnya.

Lanjutnya, dengan prestasi yang telah dicapai mahasiswa berarti secara intelektual atau akademik kalian sudah mencapai target yang baik.

“Tinggal bagaimana anda bisa mempertahankan prestasi yang kalian dapati sehingga saat wisuda nilai kalian bisa terbawa hingga mungkin bisa meraih predukat cum laude.

Dalam kesempatan tersebut juga, Prof Moon mengajak mahasiswa untuk dapat terlibat dan ikut serta dalam program MBKM dimana dalam hal ini FKIP khususnya PGSD, telah menjadi pilot project untuk pelaksanaan MBKM di UMGO.

“Adapun benefit yang kalian bisa dapatkan dalam program tersebut antara lain dapat belajar dan memperluas relasi di luar program studi atau kampus asal, menimba ilmu langsung dari mitra yang kompeten dan berpengalaman, serta dapat mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan di industri yang diminati. Selain itu, manfaat ikut program kampus merdeka lainnya adalah seluruh kegiatan praktik tersebut akan dikonversikan menjadi SKS sehingga kalian ada peluang untuk selesai 3.5 tahun,”imbuhnya.

Terakhir, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Provinsi Gorontalo itu berharap, MBKM berikutnya bisa lebih baik dan panduannya bisa terus disempurnakan.(Hms)


Jangan Lewatkan

Komentar