Forkopimda Gorontalo Ziarahi Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone

RGOL.ID, GORONTALO – Upacara singkat sekaligus ziarah dan tabur bunga di makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone mewarnai peringatan 81 tahun Hari Patriotik 23 Januari 1942.

Prosesi ziarah diawali dengan penghormatan kepada Pahlawan Nasional, mengheningkan cipta, kemudian peletakan karangan bunga pada tugu makam pahlawan yang dipimpin Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, di Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone di Desa Bube, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Upacara tabur bunga turut diikuti jajaran Forkopimda Gorontalo, Wakapolda Gorontalo, Brigjen Pol. Pudji Prasetijanto Hadi, beserta Pejabat Utama Polda Gorontalo dan Forkopimda Bone Bolango.

Penjabat Gubernur, Hamka Hendra Noer, mengatakan, Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang diperingati setiap tahun oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo, merupakan peristiwa bersejarah yang menjadi puncak perjuangan masyarakat Gorontalo dalam mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia di Gorontalo.

Dimana dibawah pimpinan Pahlawan Nasional Nani Wartabone, para pemuda dan seluruh masyarakat Gorontalo berhasil mengusir penjajah Belanda dan mengibarkan bendera Merah Putih.

“oleh karena itu, makna dari semua ini adalah kita menghormati jasa para pahlawan, kemudian menjadi spirit nasionalisme bagi generasi muda sekarang agar bisa berkontribusi membangun Gorontalo ke depan jauh lebih baik,” ungkap Penjagub.

Semangat kepedulian dan pantang menyerah dari Pahlawan Nasional Nani Wartabone, diharapkan Hamka, bisa terus digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat Gorontalo terlebih generasi muda.

Salah satu semangat kepedulian yang perlu didorong adalah semangat gotong royong.

Usai ziarah dan tabur bunga, Forkopimda Provinsi Gorontalo bersama Forkopimda Kabupaten Bone Bolango menyaksikan pameran senjata dan nonton bareng film dokumenter sejarah Hari Patriotik yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan 23 Januari 1942. (LaAwal-46)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar