oleh

Gorontalo Bersiap Jadi Gudang Logistik Bencana Alam Sulawesi

-PROV. GORONTALO-264 Pengunjung

Gorontalo (RGOL) – Provinsi Gorontalo menjadi calon lokasi gudang logistik bencana alam se-Sulawesi. Wacana itu menggemuka saat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bertemu dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito di Jakarta, Kamis (24/6).

Pemilihan Gorontalo sebagai lokasi gudang logistik karena jaraknya yang cukup berdekatan dengan provinsi lain. Pemprov diminta menyediakan lahan lebih kurang lima hektar untuk rencana tersebut.

“salah satu poin penting pertemuan tersebut bahwa kita dipercaya oleh Pak Kepala BNPB untuk menjadi gudang logistik bencana alam. Jadi semua bantuan disimpan di gudang tersebut dan sewaktu waktu bisa dimobilisasi ke daerah bencana,” kata Kepala BPBD Pemprov Gorontalo Rusli Nusi usai pertemuan.

BNPB menyiapkan tujuh gudang logistik se-Indonesia. Setiap daerah yang dipilih diharapkan bisa menyimpan, merawat dan memobilisasi bantuan jika terjadi bencana di daerah lain yang terdekat.

Pada pertemuan tersebut, Pemprov Gorontalo juga memasukkan proposal bantuan operasional penanganan bencana alam. Gorontalo berharap mendapat bantuan mobil rescue dan logistik lain yang dibutuhkan.

“ada juga proposal dari Dinas Kesehatan untuk penambahan vaksin 2.000 vial, alat rapid antigen 25.000 test dan kit untuk uji PCR,” imbuhnya.

Pertemuan antara Ganip dan Rusli menjadi reuni sahabat lama. Keduanya sempat bekerjasama dengan baik saat perwira TNI bintang dua itu menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII Merdeka di Manado, Sulawesi Utara. (rg-25)


Komentar