oleh

Gorontalo Masih Negatif Corona, 60 ODP Jalani Pemantauan

-Headline-394 Pengunjung

“Agar informasinya tidak bias, saya sampaikan saat ini bahwa belum ada satu pasien yang terdeteksi terkena virus corona sesuai dengan hasil pemeriksaan. Saya tegaskan sekali lagi belum ada yang terkena virus corona sesuai dengan spesimen hasil pemeriksaan,” beber Darda

rgol.id – Untuk menjaga agar tidak ada kesimpangsiuran informasi terkait penanganan Virus Corona atau Covid 19 di Provinsi Gorontalo,

Pemerintah Provinsi Gorontalo, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), akhirnya membuka data tentang kondisi dan jumlah orang yang diduga terpapar virus corona.

Ketua GTTP, yang juga Sekretaris Daerah Provinsi, Darda Daraba menyatakan, Provinsi Gorontalo masih dalam kondisi negatif corona.

“Menurut data GTPP Covid-19 saat ini ada 83 Orang Dalam Pemantauan (ODP). 23 ODP telah selesai pemeriksaan. Tersisa 60 ODP yang masih menjalani pemantauan.

Sementara itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terdapat sembilan orang. Satu orang telah melakukan pemeriksaan dan sisanya delapan orang masih dalam proses pemeriksaan. Hasil pemeriksaan sampel dinyatakan negatif,” kata Darda dihadapan awak media, pada konferensi pers yang berlangsung di Posko Informasi Covid 19, Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Kamis (19/03) kemarin.

Menurut Darda, data ini disampaikan kepada publik agar tidak ada yang menjadi hoaks. “Agar informasinya tidak bias, saya sampaikan saat ini bahwa belum ada satu pasien yang terdeteksi terkena virus corona sesuai dengan hasil pemeriksaan. Saya tegaskan sekali lagi belum ada yang terkena virus corona sesuai dengan spesimen hasil pemeriksaan,” beber Darda.

Meski tak menyebutkan identitas, namun Darda mengatakan bahwa kedelapan orang yang dalam pengawasan tersebut, berasal dari Kota Gorontalo dua orang, Kabupaten Gorontalo satu orang, Boalemo satu, kemudian Kabupaten Pohuwato satu, Bone Bolango satu dan Gorontalo Utara dua orang.

“Mereka ini masih terus diawasi, karena mempunyai riwayat datang dari daerah terinveksi, sehingga perlu kita lakukan pengawasan sesuai SOPnya. Kita mari kita semua berdoa agar di Gorontalo tidak ada yang terkena virus ini,” harap Darda.

Sebagai langkah antisipasi lainnya, hari ini Pemprov Gorontalo akan mencanangkan gerakan “Gorontalo Bergerak Cegah Corona”. Aksi tersebut akan dimulai pada pukul 08.00 WITA. Seluruh masyarakat diimbau untuk membersihkan rumah, tempat ibadah dan lingkungan sekitar, menggulung karpet, menyemprotkan desinfektan, serta menjauhi kerumunan orang. Masyarakat juga diharapkan untuk terus menggalakkan pola hidup bersih dan sehat. (mey-25)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.