Gorut Bakal Miliki Tempat Rehabilitasi Narkotika

RGOL.ID, GORUT – Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) bakal memiliki tempat rehabilitasi narkotika.

Rencananya, salah satu ruangan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainal Umar Sidiki (ZUS) akan dijadikan tempat atau pusat rehabilitasi tersebut.

Bahkan, pekan lalu, tempat tersebut telah ditinjau oleh tim dari BNNK dan Kejaksaan Gorut yang difasilitasi pemerintah daerah setempat.

“Ya, kami sudah melakukan visitasi ruangan yang akan kami jadikan sebagai tempat rehabilitasi untuk pengguna narkoba,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Gorut, Suleman Lakoro yang juga sempat turun visitasi.

Ia menyebut, penyediaan tempat rehabilitasi ini dilakukan atas kerja sama dengan pihak Kejari Gorut.

“Tentu, proses persoalan narkoba ini, memerlukan juga upaya dari pemerintah bagi pengguna narkoba yang sudah kecanduan dan perlu direhabilitasi,” jelasnya.

Jika nantinya tempat tersebut telah siap, namun Suleman berharap, nantinya tidak akan terisi.

“Artinya, kami ingin tidak ada pengguna narkoba di Gorut, seiring dengan gencarnya BNNK Gorut melakukan sosialisasi di mana-mana, untuk kita menjadi daerah yang bebas dari Narkoba,” terangnya.

“Namun, karena ini ketentuan yang dikhususkan untuk pengguna narkoba, ini akan tetap kita siapkan tempat dan fasilitas medisnya,” tukas Suleman.

Sementara itu, Direktur RSUD dr ZUS, dr. Sri Fenty Sagaf mengaku, pada dasarnya ruangan yang dibutuhkan telah disiapkan.

“Hanya memang masih perlu pembenahan sesuai persyaratan yang harus dipenuhi. Sehingga sekarang belum action (pelayanan),” kata Sri Fenty ketika dihubungi, Senin (22/08/2022), kaitan dengan kesiapan pihak rumah sakit.

Lagi pula kata Sri Fenty, tempat rehabilitasi tersebut masih akan terlebih dahulu diresmikan.

“Ada juga persyaratan tertentu terkait fasilitas ruangan, seperti jendela dan pintu yang harus berterali,” tambahnya.

Dan sebagai tindak lanjut, nantinya juga lanjut Sri Fenty, masih akan dilakukan rapat dengan seluruh pihak terkait.

“Jadi, sekarang belum ada dan kemarin itu baru peninjauan lokasi,” tandasnya. (ind-56)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar