oleh

Gorut Perlu Ada Perda Nama-nama Jalan

RGOL.ID, GORUT – Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) perlu menyiapkan peraturan daerah tentang penetapan nama-nama jalan.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Suleman Lakoro saat menjadi mentor pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional (Latpimnas) tingkat II angkatan XII di Surabaya, Rabu (10/08/2022).

Ia menjadi mentor Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Gorut, Haris Latif yang menjadi salah satu peserta Latpimnas.

Dengan usulan proyek perubahan (proper) pembuatan peta jaringan ruas jalan berbasis peta kewilayahan setiap kecamatan di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

“Di Gorontalo Utara, belum ada peraturan daerah yang mengatur mengenai penetapan nama-nama jalan. Nah, hal tersebut menjadi masukan kami untuk proyek jangka panjang,” ungkap Suleman dalam keterangannya kepada RGOL.ID.

“Melalui proper ini, kiranya Kadis PUPR dapat berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan menyusun ranperda nama-nama ruas jalan,” saran Suleman.

Nama-nama ruas jalan itu mempermudah masyarakat menetapkan alamat mereka secara lengkap. Di samping perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IT.

“Seperti kita ketahui dengan sistem informasi yang ada, untuk mencari alamat seseorang itu, cukup dengan menggunakan google maps. Sebab, google maps terkait dengan penamaan jalan di suatu wilayah,” imbuhnya.

Di samping melahirkan keputusan bupati tentang penetapan ruas jalan berbasis kecamatan. Nah, melalui proper ini, perlu lahir peraturan daerah tentang penetapan nama-nama ruas jalan.

“Saya kira, Pak Haris dapat menyempurnakan propernya dengan masukan-masukan dari coach, mentor maupun penguji,” tukas Suleman. (ind-56)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar