oleh

Gubernur: Wartawan Harus Independen dan Profesional

-Gorontalo-205 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID) – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyebut pemerintah butuh eksistensi wartawan. Kehadiran pers dan media membuat berbagai program dan kebijakan dapat diketahui dan diikuti oleh masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Rusli saat memberikan arahan pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bertempat di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Selasa (5/10).

UKW digelar oleh Dewan Pers bekerjasama dengan LPKW Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

“Pemerintah di semua strata butuh wartawan. Dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota bahkan partai politik. Tapi wartawan yang bagaimana? Makanya hari ini saya senang ada uji kompetensi wartawan (UKW),” kata Rusli.

Bagi Rusli, UKW bisa memberi garansi kualitas wartawan yang semakin baik. Ia berharap 44 wartawan Gorontalo yang ikut sertifikasi profesi makin terdepan dalam hal pemberitaan dan pengelolaan media.

Gubernur berpesan agar wartawan Gorontalo bersikap independen dalam melakukan tugasnya. Wartawan harus bisa melakukan kontrol, mengedukasi dan menginformasikan berita berita dengan santun dan sejuk.

“Silahkan mengkritisi. Saya sejak bupati hingga gubernur hp saya ada di koran. Jadi orang mudah untuk menghubungi saya.

Semua saya terima. Bukan bikin grup WhatsApp yang isinya hanya mendiskusikan hal-hal negatif,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Rusli juga mendorong kepada Dewan Pers untuk menjadikan UKW sebagai ‘SIM’ bagi profesi wartawan.

Wartawan harus dibina dan diuji kompetensinya untuk memastikan kualitas profesi semakin baik setiap tahun. (rg-25)


Komentar