oleh

Hamim Ikut Pertemuan CTI TSWG

-Bone Bolango-182 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, – Bupati Hamim Pou mengatakan Provinsi Gorontalo telah menjalankan amanat undang-undang, dimana 10 persen dari luasan kawasan pesisir dijadikan kawasan konservasi.

Hal ini disampaikan Hamim pada acara pertemuan tahunan Coral Triangel Initiative (CTI) dan Treatened Spesies Working Group (TSWG), di Hotel Horison, Selasa (17/9) kemarin.

Banyak hal yang dipaparkan Hamim dalam pertemuan itu. “rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau pulau kecil (RZWP-3-K) dari tahun 2018 sampai 2038 mencakup pencadangan kawasan konservasi perairan, pesisir, dan pulau-pulau kecil, dimana sebanyak 12 kawasan perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil berada di pantai selatan dan pantai Utara Provinsi Gorontalo,” ujarnya.

Upaya perlindungan, pelestarian dan konservasi merupakan salah satu program yang tertuang dalam visi misi pembangunan Provinsi Gorontalo tahun 2017 sampai 2022, yakni mewujudkan pengelolaan pariwisata dan sumber daya alam berwawasan lingkungan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan sesuai aturan hukum.

Selain itu, menjamin ketersediaan infrastruktur dasar, sarana telekomunikasi, sarana perhubungan, transportasi di kawasan strategis dan infrastruktur di perkotaan dan perdesaan, sehingga akan terwujud masyarakat yang maju, unggul dan sejahtera.

Selain perlindungan dan pelestarian konservasi, Gorontalo juga melakukan upaya perlindungan biota laut, seperti penyu, hiu paus, pari serta mamalia laut lainnya. “upaya perlindungan terus kami lakukan melalui sosialisasi kepada masyarakat, dan selalu memonitoring dan mengawasi kawasan perairan laut, termasuk menegakkan hukum,” tambahnya.

Terakhir, Hamim menyebutkan kemunculan hiu paus adalah keberkahan bagi masyarakat Gorontalo.

Dimana sesuai data yang ada dari tahun 2016 hingga 2018, terdapat 33 individu hiu paus di Botubarani yang merupakan kawasan konservasi perairan desa Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. (gus-57)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.