oleh

Hamim Kumpul 160 Kades Bone Bolango

RGOL.ID, Gorontalo – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou kembali mengumpulkan seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di Bone Bolango. Tercatat, ada 160 kepala desa di Bone Bolango yang ikut pertemuan itu.

Pada kesempatan itu, Bupati Hamim Pou kembali mengingatkan tugas-tugas pemerintah desa sebagaimana undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Pada kesempatan itu, Hamim juga mendengarkan laporan terkait dengan penyerapan dan pengelolaan Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD), termasuk progres-progres pembangunan di desa-desa. “Pemerintah desa harus benar-benar efektif dan efisien serta transparan dalam mengelola dana desa,” ungkapnya.

Hamim juga mengingatkan kepala desa untuk selalu melakukan evaluasi kinerja dan program bersama masyarakat di desa masing-masing, agar progres dan hasil pembangunan, serta pengelolaan keuangan desa bisa dipahami dan diketahui oleh masyarakat.

Selain itu, harus ada peningkatan kinerja dan realisasi pembangunan di desa-desa. “kinerja aparat harus ditingkatkan tentunya dengan selalu berpedoman pada prinsip 5 kerja 5 hasil,” jelasnya. Demikian pula, dalam merealisasikan dana desa, pemerintah harus mendahulukan program-program prioritas yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. “pemerintah desa harus konsisten dan berani berinovasi untuk melahirkan kampung cerdas, atau kampung cemerlang,” tambahnya.

Pada kesempatan itu pula, Hamim mengingatkan pemerintah desa terkait kebersihan dan pengolahan sampah. Apalagi kedepan ini, Bone Bolango akan diikutkan dalam penilaian Adipura, sehingga itu, kebersihan lingkungan harus benar-benar dijaga. “jangan lupa program sedekah pohon atau sedekah oksigen harus sukses sampai di desa-desa,” tuturnya. (wal-46)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *