oleh

Hamim Narasumber Nasional Webinar PIP Kementerian Keuangan

-Bone Bolango-220 Pengunjung

Gorontalo (RGOL) – Bupati Bone Bolango Hamim Pou kembali didaulat menjadi narasumber nasional pada web seminar (Webinar) bersama Pusat Investasi Daerah (PIP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kamis (17/6/2021).

Hal ini karena Kabupaten Bone Bolango menjadi percontohan nasional yang dinilai menjadi salah satu daerah yang memiliki komitmen kuat membantu, dan mengembangkan usaha ultra mikro.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan dalam webinar tersebut terdapat tiga poin penting yang ia sampaikan, terkait usaha membantu serta mengembangkan usaha ultra mikro, di antaranya pertama usaha ultra mikro harus memiliki akses permodalan, ke lembaga keuangan, baik bank maupun non bank.

Kedua, ultra mikro harus mulai ramah terhadap penggunaan teknologi, baik dari sisi pemasaran maupun transaksinya. terakhir yang ketiga, pemerintah harus memastikan ultra mikro berkembang sampai berhasil, lewat kegiatan pembimbingan dan evaluasi, kata Hamim Pou.

Hamim mengungkapkan peran UMKM di Bone Bolango sendiri sangat besar. Menurutnya, sekitar 97% usaha di Bone Bolango adalah UMKM. Ia menuturkan dari peran yang sangat besar itu, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango memberikan modal bantuan usaha, yang bekerja sama dengan pegadaian, sebagai penyalur, dan telah melakukan inovasi dengan pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan usaha.

Selain itu, kita juga telah bekerja sama secara resmi dengan PT. PIP untuk terus mengembangkan UMKM tersebut. Suami dari anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Lolly Junus itu, mengungkapkan akses UMKM ke perbankan relative rendah sehingga masih banyak yang terjebak rentenir dan perbankan gelap.

Olehnya itu, ke depan pihaknya akan mendorong semua UMKM di Kabupaten Bone Bolango untuk menggunakan transaksi non tunai dan memanfaatkan platform digital seperti Halo Patali, dan mengembangkan market place Komunitas Kesejahteraan Rakyat Gorontalo (KAKRG).

Sejak tahun 2020 hingga 2024 mendatang, Bone Bolango akan fokus pada sektor infrastruktur, UMKM, dan Pariwisata, ujar Hamim sembari mengatakan untuk menyukseskan semua program yang telah direncanakan ini, diperlukan kolaborasi semua pihak, baik pihak pemerintah maupun masyarakat. (awal)


Komentar