oleh

Hamim Terima Aset Kementerian ESDM

RGOL.ID – Gorontalo, Bupati Bone Bolango Hamim Pou menerima sejumlah aset dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, diantaranya 60 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) yang dikerjakan pada tahun 2019.

Selain itu, dari Badan Geologi Kementerian ESDM, berupa tiga unit sumur bor dalam yang pemanfaatannya dan pengelolaannya langsung oleh kelompok masyarakat.

Penyerahan aset tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah hibah dan berita acara serah terima barang milik negara Badan Geologi dan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi kepada pemerintah daerah, di Aston Denpasar Hotel dan Convention Center, Bali, Kamis (26/9) kemarin.

Dalam acara penandatanganan tersebut, dari 23 kepala daerah yang hadir, Bupati Hamim Pou salah satu dari dua kepala daerah yang didaulat dan dipercayakan untuk menyampaikan sambutan dan testimoni tentang pemanfaatan pembangunan infrastruktur PJUTS dan sumur bor yang telah dibangun di Kabupaten Bone Bolango.

Dalam sambutannya, Hamim mengapresiasi bantuan PJUTS dan sumur bor dalam yang menggunakan dana APBN tersebut.

Bupati mengatakan, di Bone Bolango ada sekitar 69 desa yang ada di tepian hutan, ini tentu membutuhkan listrik.

Jika pakai jaringan listrik itu tidak bisa terjangkau karena desanya berada di tepian hutan. Olehnya itu, ungkap Bupati, kehadiran program bantuan PJUTS ini sangat dibutuhkan di Kabupaten Bone Bolango, khususnya di 69 desa yang berada di tepian hutan tersebut.

Begitu juga, untuk sumur bor, ini sangat membantu masyarakat dalam mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari.

“Bahkan untuk satu unit sumur bor yang telah dibangun di Bone Bolango, itu bisa melayani sampai 150 kepala keluarga (KK),” ungkap Bupati.

Oleh karena itu, Bupati Hamim Pou, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Kementerian ESDM atas program bantuan PJUTS dan sumur bor dalam yang dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango.

Hamim berharap kepada masyarakat agar menjaga dan memelihara aset dari Kementerian ESDM serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan itu, Bupati Hamim Pou kembali mengusulkan untuk tahun anggaran 2020 sebanyak 300 unit PJUTS, pengadaan batrey 441 unit untuk PLTS di Kecamatan Pinogu, dan sembilan unit titik sumur bor dalam kepada Kementerian ESDM. (wal-46)

Komentar