oleh

Harapan Air Yang Layak Masyarakat Tolinggula Pantai Terpenuhi

-Gorontalo Utara, Kesehatan-341 Pengunjung
Ilustrasi Air Bersih/Net

RGOL.com – Air adalah kebutuhan utama bagi manusia. Air yang di konsumsi pun harus memenuhi kuantitas, kualitas, terjangkau, dan kontinu.

Namun, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan air bersih yang layak, terutama masyarakat yang berpenghasilan rendah di pedesaan, terutama diwilayah pelosok.

Menyikapi hal itu, Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) adalah solusinya. Program inilah merupakan salah satu andalan Pemerintah dalam menyediakan air bersih bagi masyarakat, melalui pendekatan berbasis masyarakat.

Dan terbukti Pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo utara (Gorut) belum lama ini telah meresmikan Pamsimas III serta melaunching pemasangan Sambungan Rumah (SR) di Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula.

Program Pamsimas yang digagas Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Thariq Modanggu ini menuai apresiasi dari seluruh elit politisi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, salah satunya Srikandi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Fatri Botutihe.

Aleg dapil Tolinggula Cs ini mengaku salut dan bangga atas capaian maupun kinerja pemerintah daerah yang telah memberikan ruang bagi warga Tolinggula pantai untuk menjawab kebutuhan masyarakat agar hidup bersih dan sehat melalui penyediaan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

“Program Pamsimas III ini merupakan perwujudan kebijakan Pemerintah yang ingin mewujudkan pencapaian air minum dan sanitasi. Sehingga melalui program pemenuhan air bersih disetiap rumah tangga ini bisa dipenuhi,” ujar Fatri.

Masih kata Fatri, Kesulitan memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari bagi warga desa kini mulai teratasi.

Musim kemarau panjang biasanya menjadi puncak kesulitan air bersih, sehingga warga terpaksa harus berjalan kaki dengan jarak tempuh yang jauh untuk mendapatkan air bersih.

“Kini melalui Program Pamsimas III warga setempat bisa menikmati air bersih,” katanya.

Di akhir penyampaian dia pun tak lupa menghimbau kepada masyarakat setempat untuk selalu menjaga pemanfaatan dan kelestariannya agar Pamsimas bisa digunakan dalam waktu lama. (TR-01)


Komentar