oleh

Hari ini, Pendaftaran Syarat dan Dukungan Balon Perseorangan di Buka

-Advetorial-204 Pengunjung

LIMBOTO (RAGORO) – Hari ini KPU Kabupaten Gorontalo mulai menerima syarat minimal dukungan bakal pasangan calon perseorangan dan Waktu penyerahan syarat dukungan ini dibuka selama lima hari. Hal ini disampaikan Komisioner KPU devisi teknis.

Kadir Mertosono. Menurut kadir, sesuai tahapan dan jadwal dalam PKPU No 16 tahun 2019 tertuang bahwa penyerahan syarat dukungan minimum paslon perseorangan bupati dan wakil bupati, telah ditentukan waktu penyerahan syarat minimal dukungan oleh balon perseorangan.

“Jadwal penyerahan itu dimulai pada Rabu hingga 23 Februari 2020, Kita diberi waktu selama lima hari untuk menerima dokumen syarat dukungan bakal calon perseorangan,” kata Kadir. 

Lanjut kata Kadir, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh bakal paslon perseorangan sebelum menyerahkan dokumen dukungan kepada KPU Kabupaten Gorontalo.

“Perseorangan sebelum menyerahkan dokumen dipastikan dukungannya memenuhi jumlah minimal dukungan dan sebaran yang telah ditentukan yaitu 24.174 dukungan dan minimal tersebar di 10 kecamatan di kabupaten gorontalo, dan dipastikan  juga dukungannya dalam formulir B1-kwk perseorangan ditempelkan KTP elektronik atau surat keterangan dari dinas dukcapil,” kata Kadir.

Kemudian dikatakan Kadir,  setiap dukungan perseorangan calon tersebut nantinya diinput ke aplikasi SILON KPU yang usernamenya dapat diperoleh dari helpdesk pencalonan perseorangan KPU Kabupaten Gorontalo.

“Setelah dukungan minimal diserahkan, sesuai PKPU 16 tahun 2019 dan pkpu 3 tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan PKPU 18 tahun 2019 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,  Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, KPU Kabupaten Gorontalo pada saat itu juga tanggal 19-26 februari 2020,

akan melakukan pengecekan apakah dukungan yang diserahkan memenuhi jumlah minimal dukungan dan sebaran yang dipersyaratkan atau tidak, jika telah memenuhi,

maka selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi selama 28 hari mulai tanggal 27 februari- 25 maret 2020. Yang kemudian akan disampaikan kepada PPS nantinya untuk dilakukan verifikasi faktual selama 21 hari yaitu mulai tanggal 26 maret-15 april 2020,” ungkap Kadir. 

Selain itu Kadir menyebutkan, sosialisasi jumlah dan sebaran dukungan calon perseorangan sudah dilakukan setelah KPU menetapkan jumlah minimal dukungan dan sebaran melalui mekanisme yang ada.

Dan dirinya mengharapkan sosialisasi yang dilakukan itu dapat memberikan informasi kepada bakal calon yang akan maju melalui jalur perseorangan.

“Kami telah melakukan sosialisasi terhadap bakal calon perseorangan. Dan kami juga melayani konsultasi dari bakal calon terkait syarat lebih detail dukungan calon perseorangan,” ungkap Kadir. (iyn)


Komentar