oleh

Hari Ini Sholat Jumat Digelar. Kecuali Pentadio Barat dan Bua (Zona Merah)

RGOL.ID.GORONTALO – Hari ini, Jumat (5/4) seluruh Mesjid di Kabupaten Gorontalo dibuka kembali oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Keputusan ini setelah pemerintah melakukan pertemuan bersama semua elemen masyarakat, baik kementrian agama, lembaga adat, tokoh masyarakat, para Imam, organisasi islam, instansi kesehatan hingga perguruan tinggi, kamis malam kemarin.

Namun kebijakan ini masih mengecualikan mesjid mesjid yang ada dizona merah.

Dari pertemuan itu ada 2 desa yang belum diijinkan untuk melakukan sholat jumat, yakni Desa Bua kecamatan Batudaa, Pentadio Barat telaga biru, karena masih berstatus zona merah.

Bahkan juga identifikasi yang lebih spesifik dusun atau wilayah (kompleks) yang juga terdapat beberapa kasus positif swab juga bakal belum bisa menggelar.

Namun demikian dalam rapat itu terungkap, penjagaannya akan lebih diperketat. Baik protokol kesehatan hingga menjaga jangan sampai ada warga yang pindah tempat sholatnya apalagi yang berstatus zona merah.

Bupati yang saat itu memimpin rapat mendengarkan masukan masukan dari semua elemen masyarakat itu hanya meminta agar protokol kesehatan benar-benar dipatuhi.

Misalnya shaftnya berjarak 1,5 meter, hindari bersalaman, membawa alas (sajadah) masing masing, hingga benar benar memastikan diri sehat tanpa ada gejala. ” Bahkan hindari berkerumun berkerumun sangat dekat, ” ujarnya.

Langkah ini pula sebagai langkah awal dalam memulai tatanan kehidupan baru New normal yang dalam waktu dekat ini akan diberlakukan.

Rapat juga itu pula menyepakati mesjid mesjid yang seterusnya akan menggelar sholat berjemaah kiranya segera menyurat ke pemerintah kabupaten melalui takmirul dan pemerintah desa, untuk seterusnya. (Qn)


Komentar