oleh

Hari Keenam, Pendaftar PPS Sudah 352 Orang

-Advetorial-269 Pengunjung

LIMBOTO (RGOL.ID) – Pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah dibuka sejak Selasa, 18 Februari kemarin. Hingga hari ini tercatat sudah 690 orang yang mengambil Formulir dan baru 352 orang yang mendaftar.

Komisioner KPU devisi SDM Rivon umar mengatakan, sampai saat ini pendaftar calon PPS yang sudah mengambil formulir ada 690 orang, sedangkan kuota untuk petugas yang disiapkan 615 orang untuk 205 desa dan kelurahan. Tetapi yang baru mendaftar 352 orang.

“Sementara untuk petugas PPS per desa dibutuhkan setiap desa maksimal tiga orang artinya total  615 orang yang kami butuhkan. Untuk selanjutnya pendaftar mengikuti tes tertulis dan jadwal akan diumumkan di website dan facebook kabupaten Gorontalo KPU,” ujar Rivon.

Lanjut kata Rivon, dalam penerimaan pendaftaran PPS ini KPU Kabupaten Gorontalo memberikan peluang para pendaftar untuk menyerahkan berkas ke kantor kecamatan.

Dan penyerahan berkas untuk pendaftar PPS melalui kantor camat tersebut berlaku untuk kecamatan yang berada cukup jauh dari kantor KPU Kabupaten Gorontalo. “Meskipun penyerahan berkas bisa dilakukan di kantor camat untuk pendaftar dari kecamatan-kecamatan jauh, namun bila mereka mau menyerahkan langsung ke KPU itu tidak masalah,” terang Rivon.

Petugas PPS ini nanti, menurut Rivon akan bertugas selama delapan bulan yaitu terhitung dari tanggal 23 Maret 2020 sampai 30 November 2020.

Selain itu KPU juga mengajak generasi milenial yang ada di wilayah Kabupaten Gorontalo untuk berpartisipasi aktif dengan mendaftar seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 ini. Karena jika melihat persyaratan seleksi tersebut yakni WNI, berusia paling rendah 17 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat.

“Kami membuka ruang bagi anak-anak muda untuk berkontribusi dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini. Minimal pendidikan SMA, harapan kita PPS juga familiar terhadap IT. Karena di KPU beberapa aplikasi sudah diterapkan tentang pemutakhiran data pemilih, ketika calon-calon PPS ini sudah familiar dengan IT tentunya mempermudah mereka,” pungkas Rivon.

Terakhir Rivon berharap disisa waktu yang ada, masyarakat yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota PPS agar segera mendaftar ke kecamatan atau ke kantor KPU langsung. (iyn)


Komentar