oleh

Hari Pertama JWS 2020 Berakhir di Toraja

RGOL. ID, GORONTALO – Touring Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020 resmi dimulai. Mengambil titik start di Center Point of Indonesia Kota Makassar, touring di lepas oleh Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf RI, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemprov Makassar dan Walikota Makassar, pada Sabtu (22/02).

Touring JWS diikuti oleh 75 unit mobil. Rinciannya, JK Merah Putih Community sebanyak 26 mobil, JK Owner Community 16 mobil, dan 33 unit mobil tim pendukung. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ikut menjadi peserta dalam touring JWS ini.

Dengan mengendarai tunggangannya berjenis JK Rubicon, ia ditemani oleh Istri tercinta yang juga anggota Komisi VIII DPR RI, Idah Syahidah. “Siapa lagi kalau bukan kita, kapan lagi kalau bukan sekarang yang mau mengakui bahwa NKRI ini kaya. Pariwisatanya, pegunungannya, baharinya, alam bawah lautnya, ikannya, ekosistem yang ada, keramah tamahan masyarakatnya, termasuk kulinernya,” ungkap Gubernur Rusli dalam sambutannya.

Rusli berulang kali menegaskan touring JWS ini diselenggarakan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang ada di empat provinsi yang ada di Sulawesi. Mulai dari Sulawesi Selatan melewati Sulawesi Tengah dan Gorontalo serta berakhir di Sulawesi Utara.

“Saya merasa berhutang ke Pemerintah Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara. Tapi saya janji kali lain kami akan touring lagi dan mengambil start dari Kendari, Sulawesi Tenggara,” tambah Rusli.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemprov Makassar Muhamad Firda dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang di gagas oleh Pemprov Gorontalo ini. “Terima kasih telah memilih Makassar sebagai titik awal pelaksanaan touring ini. Mohon maaf kami tidak bisa ikut. Ini terhitung hutang ya. Kami janji akan membalas hutang ini,” tutur Firda.

Firda berharap pelaksanaan touring ini dapat dimanfaatkan sebak-baiknya oleh seluruh peserta. Ia mempersilahkan para peserta touring untuk menjelajahi sekaligus mempromosikan potensi wisata diberbagai tempat yang akan dilewati, khususnya yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Pelepasan peserta touring ditandai dengan penggunaan topi khas Makassar Mappatonro, oleh Gubernur Rusli dan seluruh peserta. Touring Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020 hari pertama selesai dengan berakhir di Kabupaten Toraja Utara. Rombongan tiba pukul 20.00 WITA dan disambut oleh Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan dan jajaran di Hotel Misiliaana.

Pada kesempatan tersebut, Kalatiku membagikan pengalamannya dalam pengelolaan pariwisata di Toraja Utara. Daerah yang baru melakukan pemekaran sebelas tahun lalu tersebut menurutnya menjadikan budaya daerah sebagai kunci menarik wisatawan.

“Daerah ini memiliki kebijakan, yaitu upaya kami mengembangkan pariwisata, agar masyarakat disini sejahtera. Kami memiliki 17 unggulan objek wisata dan sementara mengembangkan 387 objek wisata yang baru,” ungkapnya.

Gubernur Rusli menimpali dengan menyatakan kekagumannya terhadap pesona daerah Toraja Utara. Ia menceritakan pengalamannya sepanjang jalan menuju Toraja Utara. “Saya mendukung kebijakan Pak Bupati. Toraja Utara itu indah. Saya tadi singgah di Gunung Nona, melihat keindahan disana. Kami menghabiskan hampir sepuluh piring pisang goreng tadi ditempat itu,” ucap Rusli sembari tersenyum.

Sebelumnya, perjalanan yang ditempuh dengan jarak 176 kilometer dari Kota Pare-Pare tersebut melalui Kabupaten Sidrap, Kabupaten Enrekkang, Kabupaten Tana Toraja dan berakhir di Kabupaten Toraja Utara.

Di sepanjang jalan menuju Toraja Utara, peserta yang mengendarai mobil dengan kekuatan mesin ribuan cc tersebut seringkali melambatkan laju kendaraannya. Hal ini karena kondisi jalan yang sempit dan sering berpapasan dengan kendaraan besar lainnya dari arah berlawanan. (***)


Komentar