oleh

HATI-HATI Proyek Mudung Penawaran

RGOL.ID – Anggota Komisi III Deprov, Ismail Alulu, mengharapkan sekaligus mengingatkan bahwa terkait proses maupun tahapan pelaksanaan lelang proyek-proyek pengadaan maupun infrastruktur di biro Layanan Pengadaan, baik yang menggunakan APBN, terlebih dengan dana APBD, agar berhati-hati untuk tidak begitu saja meluluskan penawaran yang mudung pengajuan anggarannya.

Dalam artian, Alulu, mengharapkan agar sebelum meluluskan penawaran proyek yang mudung atau dibawah pengajuan anggarannya itu, hendaknya turut dikoordinasikan atau dikonsultasikan dengan OPD yang secara teknis menangani proyek-proyek pengadaan maupun infrastruktur tersebut, seperti dari Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Karena, bagaimana pun, yang dikhawatirkan, karena dinilai penawarannya mudung atau terendah, akan berdampak pada mutu dan kwalitas hasil dari pekerjaan proyek itu sendiri. Iya kan?” ujar Alulu, usai Lebaran lalu.

“Karena, sudah banyak pengalaman kami (Komisi III) di lapangan, ada proyek yang tidak selesai, atau putus kontrak dan sebagainya. Yang diduga karena tidak didukung oleh anggaran, karena saat penawaran begitu mudung, atau dibawah pengajuan anggarannya,” jelas politisi dari PAN ini.

“Olehnya, harap proyek-proyek pengadaan di biro Layanan Pengadaan, untuk senantiasa dikoordinasikan plus-minus secara teknis-nya dengan Dinas PU,” harap dia. (ayi)


Komentar