oleh

Hebat, 2 Siswa SMU Beri Masukan di Musrembangda Kabupaten Gorontalo

RGOL. ID. GORONTALO – Keterbukaan pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam penyusunan Musyawarah rembuk pembangunan daerah atau Musrembangda kembali dibuktikan dengan menghadirkan Forum anak di kegiatan 5 tahunan tersebut.

Sengaja Forum anak diikutkan untuk mengambil apa saja yang menjadi saran ataupun masukan para anak itu terkait harapannya kepada pemerintah.
Tentunya masukan mereka memang sangat pula penting bagi pemerintah untuk dipertimbangkan.

Hal ini seperti yang dilakukan adik Cahyo Suleman (kelas X SMA Limboto) atau Jurmalia La Amu (kelas XI SMK Bakti Nusantara).
Secara lugas dan berani mereka memberikan usulan ataupun saran kepada pemerintah soal kebijakan.

” Ya, kami juga punya keinginan memberikan kontribusi pemikiran dalam Musrembangda inj. Oleh karena itu kami mengusulkan agar kiranya pemerintah membuat satu perdana kawasan tanpa rokok untuk beberapa tempat khususnya kawasan pendidikan sekolah. ” Tukas Cahyo sambil membaca catatannya resumenya didampingi rekannya Jurmalia.

Hal ini pun mendapat sorak dari para pimpinan OPD hingga hadirin yang hadir.
Bupati pun menjawab hal itu, dimana Perda tentang kawasan rokok sudah dilakukan namun bentuknya dalam Perbup atau peraturan bupati.

Namun yang menarik kata Wabup, keberanian anak anak ini hadir mewakili kelompok pendidikan dibangku sekolah adalah yang utama. Anggapan tentang mereka masih anak anak kiranya dihilangkan. Sebab mereka pula bagian dari masyarakat hingga merasakan pula dampak positif negatif pemerintah.

” Ini pula saya minta kepada camat dan desa kiranya melibatkan Forum anak. Ini bagus sekali sebagai generasi pelanjut pembangunan. Jika dari sekarang mereka dilibatkan, maka pasti saya yakin, kedepan nanti mereka akan menjadi penerus estafet pembangunan. Anak harus pula dilibatkan dalam pembangunan, ” Tutup Bupati. (Qn)


Komentar