oleh

Hebat ! Tombulilato Pertama di Gorut Jalankan Lima Pilar STBM

RGOL.ID, GORONTALO – Desa Tombulilato Kecamatan Atinggola menjadi pertama dan satu-satunya di Kabupaten Gorontalo Utara berhasil menjalankan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Kelima pilar itu, yaitu, Stop buang air besar sembarangan (Stop BABS), Mencuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAM-RT), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.

Dan atas pencapaian itu, Desa Tombulilato mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara.

Penghargaan itu pun diserahterimakan langsung Bupati Gorut Indra Yasin kepada Kepala Desa Tombulilato Junaidin Mooduto, saat rangkaian puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Gorut, Kamis (12/11/2020).

Bupati Indra mengaku bangga dan apresiasi kepada pemerintah Desa Tombulilato yang sukses menjalankan 5 pilar STBM.

“Saya bangga dan ternyata itu menjadi yang pertama dan satu-satunya desa yang sukses menerapkan 5 pilar STBM,” ungkap Indra Yasin.

Sementara bagi Kepala Desa Tombulilato, Junaidin Mooduto, perolehan 5 Pliar STBM merupakan bukti keseriusan pemerintah Desa Tombulilato dalam membangun masayarakat dan desa.

“5 Pilar STBM sengaja kami raih untuk peningkatan kualitas kesehatan dan merupakan salah satu upaya Pemerintah Desa Tombulilato dalam menyejahterakan masyarakat,” ujar Junaidin.

Sebab, dengan menanamkan perilaku hidup sehat sesuai 5 pilar STMB, maka kata Junaidin, masyarakat akan terhindarkan dari bermacam penyakit.

“Kalau masyarakat sehat, maka tidak perlu ada biaya untuk berobat. Sehingga, uang yang dimiliki bisa digunakan untuk menunjang perekonomian atau buat keperluan lainnya,” kata Junaidin.

Selain itu, penerapan lima pilar ini juga diharapkan dapat menjaga dan menekan angka kematian ibu dan anak yang di Desa Tombulilato.

Sebab, kematian ibu saat melahirkan tidak hanya karena proses persalinan saja. Namun, kondisi itu juga dipengaruhi oleh faktor kesehatan.

“Dan maksud dari perolehan prestasi ini adalah untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam mengelola program pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Sehingga warga Desa Tombulilato bisa memahami dan melakukan perilaku higienis dan sanitasi yang sehat serta dapat menjadi contoh bagi desa lain di sekitarnya,” paparnya.

Dan atas nama pemerintah desa, pria yang akrab disapa Juned itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam perolehan 5 pilar STBM.

“Ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan aparat desa para kader kesehatan Desa Tombulilato, kepada BPD kepada Puskesmas Atinggola dan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Gorut serta Pemerintah Kecamatan,” ucapnya.

“Intinya perolehan 5 pilar ini saya persembahkan untuk masyarakat Tombulilato dan Kabupaten Gorut tercinta,” pungkasnya. (ind-56)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.