oleh

Heboh ! Hiu Paus 7 Meter Terdampar di Perairan Tolinggula

RGOL.ID, GORONTALO – Seekor hiu paus ditemukan terdampar di perairan Dusun Sakulati, Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (27/08/2020).

Informasi yang diterima rgol.id, Hiu Paus yang diperkirakan berukuran panjang 7 meter itu pertama kali ditemukan Sandi Maga (28 tahun), nelayan setempat.

Hiu yang masih dalam keadaan hidup itu tersangkut di jaring ikan milik Sandi, saat dirinya baru saja melaut, sekitar pukul 12.00 Wita.

Penampakan ikan berukuran raksasa itu, tak disangka Sandi bisa tersangkut di jaring yang ia lemparkan ke laut.

Jaring yang kemudian ditariknya tidak hanya berisikan ikan-ikan kecil, tapi sudah tersangkut seekor Hiu Paus di dalamnya.

“Saya kaget, baru pertama kali ini mendapat ikan sebesar itu,” ungkap Sandi dibalik telepon selulernya.

Dirinya tak menyangka, Hiu Paus itu bisa tersangkut di jaring miliknya. Pasalnya, Sandi baru mulai menjaring sekitar 20 meter dari pesisir pantai. Sehingga, tak mungkin ikan sebesar itu bisa dengan mudah tersangkut.

“Karena saya kaget, saya langsung bergegas memanggil rekan-rekan nelayan dan warga sekitar untuk melepaskan ikan itu dari jaring. Kami membutuhkan waktu hingga setengah jam (30 menit) untuk bisa melepaskan ikan itu dari jaring dan didorong ke tengah laut, karena memang begitu besar dan beratnya ikan tersebut,” jelas Sandi.

Meski hanya sebentar tersangkut dan berhasil dilepaskan, namun penampakan ikan dengan nama latin Rhincodon Typus itu, cukup mengundang perhatian warga setempat. Beberapa diantaranya, ikut mengabadikan proses evakuasi ikan yang relatif jinak itu, dengan menggunakan telepon seluler. (ind-56)

Komentar