Wartawan Gorontalo, saat mengikuti UKW, di gedung rektorat UNG, Jumat (16/12)

RadarGorontalo.com – Sebanyak 55 jurnalis, dari cetak maupun elektronik, mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang dibuka Jumat (16/12). Ini kali pertama, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gorontalo menghelat iven seperti itu. UKW sendiri, dibuka Sekda Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa, di lantai 4, gedung rektorat Universitas Negeri Gorontalo.

Sasongko Tedjo perwakilan dari PWI pusat mengatakan, uji kompetensi ini adalah upaya menertibkan profesi kewartawanan, sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam Piagam Palembang. Kompetensi juga, tak hanya berlaku untuk wartawannya, namun juga perusahaan media itu sendiri. Artinya, perusahaan media jenis usahanya harus benar-benar untuk pembuatan media, bukan jenis usaha lain yang kemudian mendirikan media. “Wartawan yang berasal dari media belum berbadan hukum, baiknya tidak ikut UKW. Karena walapun lulus, tetap tidak akan dikeluarkan kartu indentitasnya,” ungkapnya.

Disisi lain, Sasongko juga menegaskan, tahun 2018 nanti, wartawan yang akan dibolehkan meliput dan mewawancarai narasumber, adalah mereka yang sudah lulus uji kompetensi. Mareka yang tidak punya kualifikasi itu, bisa ditolak oleh narasumber. “target kami, hingga pertengahan 2018, rata-rata wartawan yang melewati uji kompetensi ini,” timpal Ketua Bidang Organisasi PWI pusat itu.

Sementara itu, mengawali sambutannya saat membuka UKW Gorontalo 2016, Sekda Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa mengungkapkan, kalau dirinya punya kedekatan emosional dengan dunia wartawan. Karena ayahnya dulu, berprofesi sebagai seorang wartawan. Sekda, secara singkat menceritakan bagaimana wartawan berada pada garda terdepan dalam kemajuan suatu daerah bahkan negara sekalipun. Sekda pun berharap, lewat UKW ini akan semakin memantapkan profesi jurnalis itu sendiri, yang semakin kompeten dan perofesional.

UKW yang dibuka kemarin itu, sejatinya akan digelar tiga hari dihitung dari pembukaan, tapi kemudian dipersingkat jadi 2 hari saja. Proses uji kompetensi sendiri, akan digelar selama seharian penuh. (rg-34)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.