oleh

Idah Syahidah : Perempuan Punya Hak Yang Sama Dalam Berpolitik

-Perempuan, Politik-510 Pengunjung

Gorontalo (RGOL) – Kehadiran perempuan diranah politik praktis yang dibuktikan dengan keterwakilan perempuan di parlemen, menjadi syarat mutlak bagi terciptanya kultur pengambilan kebijakan publik yang ramah dan sensitif pada kepentingan perempuan.

Tanpa keterwakilan perempuan di parlemen atau legislatif dalam jumlah yang memadai, akan terdapat kecenderungan untuk menempatkan kepentingan laki-laki sebagai pusat dari pengambilan kebijakan. 

Untuk itu, Anggota Komisi VIII DPR RI, Idah Syaidah Rusli Habibie bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menggadakan Sosialisasi Peningkatan Peran Perempuan Dibidang Politik dan Hukum, untuk Pencapaian Kesetaraan Gender di Provinsi Gorontalo, beberapa waktu lalu.

Idah mengatakan hal ini sangat penting mengingat peran peran perempuan dalam pembangunan juga sangat dibutuhkan. “Saya menginginkan ada kesetaraan, kesamaan hak bagi para perempuan di Gorontalo. Tentunya dengan tidak mengenyampingkan kodrat kita sebagai perempuan,” katanya.

Menariknya dalam sosialisasi tersebut, Idah juga melibatkan para perempuan tuna rungu sebagai peserta, dimana menurut  Idah mereka juga punya hak yang sama dalam berpolitik dan menentukan arah pembangunan dinegara ini.

“Kesetaraan gender tidak hanya memperjuangkan hak kita untuk sejajar dengan kaum pria, tapi juga memperjuangkan hak-hak mereka perempuan difable dalam memperoleh informasi, memberikan pendapat dan berpartisipasi dalam pembangunan ,” tegasnya. (Mawar)


Komentar