Idah Tantang Pemuda Gorontalo Jadi Petani Profesional

Idah Syahidah

RadarGorontalo.com – Walaupun telah berpenghasilan sendiri, sudah mampu membiayai hidup sendiri tapi kalau belum jadi PNS, dianggap belum sukses dilingkungan keluarga. Kasus ini merupakan salah satu contoh yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat Gorontalo, yang secara turun menurun dibisikkan oleh para orang tua guna menanamkan stigma kepada generasi muda, kalau belum jadi PNS belum sukses.

Padahal, sukses tiap orang berbeda-beda, ada yang mengasumsikan kesuksesan adalah hidup mewah dan kaya raya, atau punya jabatan tinggi, tapi ada juga kesuksesan adalah rasa nyaman dan bahagian dalam hidup. Gorontalo hingga kini masih moratorium penerimaan PNS, sehingga itu Idah Syahidah berharap kepada para anak muda Gorontalo jangan terlalu berharap jadi PNS, tapi jadilah petani profesional dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur yang ada. “Jadilah petani profesional, petani sukses dan kaya,” ucapnya pada acara Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) yang digelar di komplex taman makam Pahlawan, Petadio, Kecamatan Telaga Buru, Ahad (24/9).

Idah menjelaskan, Gempita merupakan program pemerintah pusat yakni Kementerian Pertanian RI dan didukung penuh oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dengan tujuan menginginkan agar masyarakat Gorontalo sejahterah. Namun kesejahteraan bisa dicapai kalau ada gerak, ada kemauan untuk maju. Oleh karena itu, dengan adanya Gempita ini, diharapkan bisa merangsang pemuda-pemuda, sarjana-sarjana di Gorontalo untuk menjadi petani profesional. “Petani yang kaya, dan bisa memanfaatkan lahan-lahan tidur yanga ada, baik milik pemerintah maupun masyarakat yang selama ini tidak dimanfaatkan dengan baik,” harapnya. “Insya Allah dengan adanya ketertarikan pemuda untuk mengarap lahan tidur ini, bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama bisa mengurangi pengangguran,” kata Idah.

Namun Idah mengingatkan bahwa bantuan dari pemerintah tidak selalu ada, karena bantuan yang diberikan pemerintah hanya rangsangan untuk kedepan lebih meningkatkan kemampuan petani dalam meningkatkan produksinya. (rg-50)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.