oleh

Idah Usul Pemprov Bangun Panti Sosial

-Gorontalo, Perempuan-182 Pengunjung

RGOL.ID (Gorontalo) – Anggota DPR RI dapil Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Habibie, mengusulkan agar Pemerintah Provinsi Gorontalo membangun panti sosial. Hal ini disampaikan Idah, kepada Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, disela sela Baksos NKRI Peduli, di Kecamatan Batudaa, Kamis (17/10) sore.

“Tadi ibu Idah usul, Pak kita bikin panti jompo (sosial) untuk provinsi. Sekarang sudah banyak orang tua yang lanjut usia, tidak bisa mengurus diri sendiri dan banyak juga yang tidak diurus anak dan cucunya,” ungkap Rusli.

Menurutnya, usulan tersebut sangat tepat dan akan ditindaklanjuti dengan pengajuan proposal ke Kementrian Sosial. Idah yang juga istri Gubernur Rusli dinilai pas untuk memperjuangkan di DPR RI karena diproyeksi duduk di komisi VIII yang membidangi masalah sosial.

“Saya akan berjuang melalui istri saya untuk membangun panti sosial di Gorontalo,” imbuhnya. Sementara itu di tempat yang sama, Idah Syahidah menilai pembangunan panti sosial mendesak dibangun di Gorontalo.

Ia menyebut tinggal Provinsi Gorontalo satu satunya daerah yang tidak memiliki panti sosial di Indonesia.

“Dari Irjen Rehabilitasi Sosial Kemensos menyampaikan ke saya perlu adanya panti sosial. Jadi pembangunannya sharing pembiayaan pusat dan provinsi. Bangunannya dari Gorontalo, sarana dan prasarana dari kementrian,” jelas Ketua TP PKK itu.

Selama ini Idah menyebut, penanganan masalah sosial di Gorontalo dilakukan secara parsial. Alumni STKS Bandung itu mencontohkan untuk anak bermasalah hukum ditangani di “Ummu Syahidah” yang ia dirikan sendiri.

“Jadi panti sosial nanti semua masalah ada di situ. Warga jompo, gelandangan, anak terlantar dan sebagainya,” lanjutnya. Selain panti sosial, Provinsi Gorontalo juga belum memiliki Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) untuk rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial korban narkoba.

Selain untuk mendata berapa jumlah mantan pengguna narkoba, IPWL dibutuhkan untuk tindakan rehabilitasinya. (mey-25)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.