Ikuti Prosesi Adat Modepito, Zudan: Terimakasih, Masyarakat Gorontalo Luar Biasa

Gubernur Goronalo Rusli Habibie, Wakil Gubernur Idris Rahim bersama Pj Gubernur Zudan Arif Fakrulloh, saat mengikuti proses adat Modepito oleh Pj Gubernur, dirumah jabatan

RadarGorontalo.com – Tujuh bulan berada di Gorontalo, membuat mantan penjabat Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh merasa berat meninggalkan Gorontalo. “Tujuh bulan disini, kita semua sudah sangat akrab, teman teman bertambah, namun saya memang harus pulang karena tugas saya disini sudah selesai,” kata Zudan yang ditemui usai proses adat Modepito atau mengantarkan, yang dilaksanakan dirumah jabatan Gubernur, kamis (18/05) sore.

Zudan pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh bupati/walikota, ASN, penyelenggara Pilkada, seluruh stake holder dan masyarakat Gorontalo, yang selama ini bersama dirinya dalam tujuh bulan ini. “Gorontalo sangat luar biasa, kita sudah bisa lebih erat kembali, lebih rekat kembali untuk pembangunan lebih cepat kedepan, dengan gubernur dan wagub yang sudah dilantik,” ujarnya.

Dirjen Dukcapil Kemendagri RI ini, mengatakan bahwa banyak sekali hal hal yang berkesan selama dirinya di Gorontalo. Dirinya mengaku sangat terkesan dengan keramahan masyarakat Gorontalo, dan dirinya merasakan bahwa masyarakat bisa cepat menerima pemikiran pemikiran yang positif, seperti program sedekah harian dan pembangunan Mesjid Raya yang mendapat respon cepat dari masyarakat. “Masyarakat di Gorontalo ini, ikatan kekerabatannya sangat kuat, Pilkada sedemikian kerasnya, tetapi setelah pilkada selesai, semua bersatu kembali. Karenanya kekerabatan yang kuat ini perlu terus dipertahankan,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, Gorontalo punya jati diri yang nyata, dengan tingkat religiutas yang tinggi yang dibalit dalam sau kalimat Adat Bersendikan Syara dan Syara Bersendikan Kitabbulah, ini menjadi jati diri yang harus diimplementasikan terus. Selain itu juga wisata yang bagus, sehingga pemerintah bisa didorong untuk mengembangkan itu. Diakhir penyampaiannya, Zudan menyatakan bahwa dirinya akan terus berupaya membantu Provinsi Gorontalo.

“Pemerintahan itu satu, pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Maka pembangunan itu harus tetap terintegrasi antara pusat dengan daerah. Seperti saat ini, DAK, saya nyata konkrit membawa pejabat Dukcapil seluruh Indonesia untuk menghadiri Rakornas disini, walaupun saya tahu kita punya kesulitan transportasi, tapi harus ada komitmen seperti itu, sehingga uang bisa berputar disini. Nah, saya berharap teman teman lain bisa seperti ini, ada komitmen yang kongkrit melaui tindakan untuk bisa membantu Gorontalo,” pungkasnya.

Hadir dalam prosesi adat Modepito kemarin, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wagub Idris Rahim, unsur Forkopimda,Bupati/Walikota, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (RG-25)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.