Impian Dibalik Green Investment Meeting

RadarGorontalo.com – Ada pemikiran besar dibalik Green investment meeting yang digagas Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo baru – baru ini. Dari 17 Kepala Daerah di kawasan Teluk Tomini, ada 14 yang hadir. Dulu Gubernur Fadel Muhammad pernah menggagas etalase perikanan, tetapi tak jalan. Karena ketika itu Gorontalo ingin menjadi pemimpin di Teluk Tomini.

Nelson mengakui mengadopsi gagasan itu, tetapi dengan model yang berbeda. “Tak ada Badan Otorita, yang ada hanya Pokja, maka tak ada pemimpin,” kata Nelson. Luwuk sudah ekspor ikan, baik itu yang sudah mati maupun yang hidup secara langsung ke AS. Nah, Gorontalo dan daerah lainnya bisa ikut dengan Luwuk.

Lalu Gorontalo akan andalkan apa? Nelson tersenyum lebar, dia kemudian bicara soal sapi serta pendidikan. Dan soal sapi ini tak hanya sebatas perternakan, tetapi industri. Nanti selain sapi Gorontalo, sapi – sapi dari daerah lain bisa diolah di Gorontalo. Jadi banyak sekali kerja sama yang bisa di kembangkan antara daerah di Teluk Tomini. Termasuk Pariwisata. Selama ini, para turis yang datang ke Pulau Togian lewat Luwuk selalu kembali ke Luwuk, seharusnya balik lewat Gorontalo, dan para turis pasti lebih senang. Inilah yang akan dilakukan Nelson agar semua turis yang ke Togian bisa pulang lewat Gorontalo.

Kembali ke soal Sapi, Nelson mulai menggebrak bulan Mei mendatang, para peternak akan dididik secara profesional. Bupati Gorontalo itu mengatakan kalau penerimanya sudah siap. Meski sapi – sapi itu dibeli lewat dana desa dan juga APBD, namun semua penerimanya harus memenuhi standar yanga ada. Selain itu, Pemda juga akan membuat proyek percontohan di Pulubala, nantinya sapi sapi dari peternakan Pulubala ini akan disalurkan pada peternak lainnya.

Soal pakan, Gorontalo punya potensi yang sangat besar bisa memenuhi kebutuhan 500 ribu ekor sapi. Sementara sekarang populasi sapi di Gorontalo hanya 83 ribu ekor. “Kita punya rumput, kita punya daun jagung, kita punya daun tebu dan sebagainya,” ujarnya. Selama ini kerja sama hanya dilakukan negara lain, padahal kerja sada antar daerah di Teluk Tomin justru lebih bermanfaat. “Kita akan gairahkan investasi di kawasan Teluk Tomini, nanun tetap menjaga kelestarian lingkungan,” ungkap Nelson. (rg-52)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.