Indonesia Tunaikan Target 3 Emas Asian Beach Games 2016

Ahris Sumariyanto menyumbang emas dari beach woodball. (rri.co.id)
Ahris Sumariyanto menyumbang emas dari beach woodball. (rri.co.id)

RadarGorontalo.com – Indonesia akhirnya berhasil menunaikan target meraih 3 medali emas dari ajang Asian Beach Games (ABG) V/2016, Da Nang, Vietnam. Emas ketiga diraih dari cabang olahraga beach woodball atas nama Ahris Sumariyanto.

Ahris yang turun di nomor Stroke Single putra berhasil menyumbangkan emas ketiga bagi kontingen Indonesia setelah sebelumnya dari arena beach rowing dan beach vovinam.

Bertanding di kawasan Son Thuy Beach Da Nang, Minggu (2/10), Ahris meraih angka 138 dan dinobatkan menjadi pemenang. Medali perak diraih Jetsada Chenkurd dari Thailand dengan nilai 139 dan perunggu oleh Kim Pyo Hwan dari Korea Selatan dengan nilai 150.

Selain satu emas, Indonesia dari cabang beach woodball pada pertandingan terakhir hari ini juga merebut satu perunggu melalui Ika Yulianingsih yang turun di nomor stroke single putri.

Secara keseluruhan di cabang beach woodball, Thailand keluar sebagai pengumpul medali terbanyak dengan 6 emas 5 perak dan 1 perunggu. Sementara, Indonesia dengan 1 emas dan 4 perunggu ada di peringkat keempat.

Sebelumnya, Indonesia telah mengoleksi 2 medali emas masing-masing dari cabang beach rowing putri melalui Chelsea Carputy di nomor CW1X, serta beach vovinam atas nama I Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan yang turun di nomor womens dragon tiger form.

Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, KOI Muddai Madang menyatakan, pencapaian target ini patut diapresiasi mengingat keikutsertaan di ABG kali ini minim dukungan anggaran.

”Kami dari KOI akan menyambut langsung kedatangan Kontingen ABG ini pada senin malam nanti,” ujar Muddai.

Indonesia, pada Asian Beach Games V/2016, mengikuti 8 dari 22 cabang Olahraga yang dipertandingkan. Berkeuatan 79 orang terdiri 65 atlet putra-putri dan 14 ofisial.

DI klasemen medali, Indonesia menempati peringkat ke-11 dengan total raihan 3 emas, 5 perak, dan 9 perunggu. Di antara negara-negara Asia Tenggara, Indonesia hanya kalah dari tuan rumah Vietnam (peringkat 1), Thailand (2), Kamboja (6), dan Malaysia (10). (ira/JPG/rg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.