oleh

Indra-Hamim Cetak Sejarah

rgol.id – Penghargaan Swasti Saba merupakan apresiasi Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang sudah menyelenggarakan Kabupaten Kota Sehat (KKS).

Tidak sembarang menerima penghargaan ini, karena penyelenggaraan dan penilaian program KKS melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program.

Begitu juga soal materi penilaiannya harus memenuhi 7 kriteria yakni kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

Tujaun program KKS untuk menciptakan Kabupaten Kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk ditinggali, dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

Hanya daerah-daerah tertentu yang memenuhi kriteria-kriteria itu yang bisa menerima penghargaan ini. Nah, untuk tahun 2019 ini, hanya ada dua daerah di Gorontalo yang berhasil menerima penghargaan Swasti Saba Padapa, yakni Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dan Kabupaten Bone Bolango (Bonebol).

Bupati Gorut Indra Yasin dan Bupati Bone Bolango Hamim Pou menerima langsung penghargaan itu dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, di Aula Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (19/11) kemarin.

Bupati Gorut, Indra Yasin, mengaku penghargaan ini menjadi kado istimewa bagi masyarakat Gorut jelang Ulang Tahun Gorut awal Desember nanti.

“Alhamdulillah Gorut mampu meraih prestasi dan penghargaan Kabupaten Sehat pertama kalinya sejak daerah ini dibentuk. Saya bangga dan bersyukur, prestasi ini mampu diraih bertepatan ulang tahun ke-12 Kabupaten Gorut,” ujarnya.

Indra berharap penghargaan ini mampu memberikan semangat dan dorongan agar kedepan Gorut bisa lebih maju dan berprestasi lagi. Sementara itu, Bupati Hamim Pou terlihat sangat bahagia dan menyampaikan rasa syukur atas penghargaan tersebut.

Hamim menegaskan komitmen dan tekatnya untuk terus memprioritaskan pembangunan kesehatan di Bone Bolango. “Bone Bolango menerima anugerah Kabupaten Sehat, Swasta Saba Padapa dari Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan.

Kita tidak boleh terlena karena pembangunan kesehatan masih terus membutuhkan perbaikan dan kerja bersama. Masyarakat sehat, daerah kuat. Ayo Bonebol,” tutur Hamim singkat. (wal-46/ind-56)

Komentar