oleh

Ini Alasan Mengapa Nelson Harus Jadi Gubernur

-Headline-458 Pengunjung

Gorontalo (RGOL) – Kalau kalangan birokrat di Kabupaten Gorontalo sangat suka Nelson Pomalingo jadi Gubernur, itu punya alasan sangat kuat, bukan sekadar keinginan politik belaka.

Dimata mereka, Gubernur akan datang haruslah seorang pemikir yang punya kemampuan mengembangkan pertanian. Lalu apakah Nelson sudah berhasil membangun dunia pertanian Kabupaten Gorontalo?

Menjawab pertanyaan itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Vonny Tangahu dengan tegas mengatakan penghasilan petani sekarang ini sudah berada di atas standar nasional. Sebab standar nasional Nilai Tukar Petani (NTP) adalah 100, sedangkan NTP petani Kabgor adalah 103,6, ini artinya harga hasil produksi petani sudah sangat menguntungkan para petani.

Nah, untuk menggenjot lebih tinggi pendapatan petani, Bupati Nelson bertekad memerdekakan petani dari jeratan tengkulak, maka Bupati sudah membentuk tim yang memfasilitasi petani mendapatkan KUR, dan gerakan ini terus diawasi Bupati dengan ketat, agar para petani bisa lepas dari  jeratan tengkulak.

Sekarang ini Kabupaten Gorontalo juga gencar melakukan peremajaan pohon kelapa, serta perluasan areal kebun kelapa. Ini sangat penting untuk memenuhi bahan baku industri minyak kelapa yang kini sudah ada 3 di Kabgor.

Selain itu, Bupati juga terus melakukan peningkatan SDM penyuluh Pertanian. “perhatian Pak Bupati pada pertanian memang sangat istimewa, apalagi beliu punya latar belakang pendidikan di bidang pertanian,” ungkap Vonny.

Ditanya soal jumlah areal persawahan di Kabgor sekarang ini, Vonny mengatakan ada 13.987 hektare dengan jumlah produksi beras adalah 5,5 Ton per hektare. Sebagai Ketua Komisi Pemerhati Kelapa Indonesia, Nelson punya 3 program yang digalakan sekarang ini.

Pertama, melakukan peremajaan kelapa, perluasan areal perkebunan dan disversivikasi tanaman, misalnya menanam jagung diantara pohon-pohon kelapa, karena jagung memang masih menjadi andalan Gorontalo.

Satu hal lagi, Bupati sangat rajin berkantor di Balai Pelaksana Penyuluhan yang tersebar di 19 Kecamatan. Ini dilakukan Bupati untuk mengetahui dengan persis permasalahan yang ada di lapangan.

“jadi kalau anda tanya, apa dasarnya mendukung beliau menjadi Gubernur, karena kami yakin beliau bisa memajukan pertanian Gorontalo,” katanya. Menurut dia lagi, Nelson sangat suka berdiskusi dan asyik kalau diajak diskusi, dia punya cita rasa, dia seorang  pemikir, punya ide-ide gemilang.

Nah, itulah sebabnya sangat tepat kalau seorang Prof seperti Nelson jadi Gubernur. Selain itu, Kabgor sangat berkepentingan kalau Nelson jadi Gubernur, karena pasti program pertanian di Kabgor terus berlanjut. (awal)


Komentar